Batik Foolosophy

Inget percakapan-percakapan gini kira-kira empat atau lima tahun yang lalu ke belakang deh…

Percakapan #1. Lokasi : Kantor

X : emang hari ini Jumat ya?

Me : eh, hari ini Rabu kok..

X : Kok lo pake batik? Pengen cepet-cepet weekend yaaaaaa…

Me : emangnya kalo bukan Jumat, ga boleh pake batik ya? (–“)

Percakapan #2. Lokasi : Mall

Y : lo dari kondangan?

Me : eh? ngga.. dari rumah kok..

Y : kok pake batik sih?

Me : emangnya batik cuma buat kondangan ya? (–“)

Percakapan #3. Lokasi : di mana aja sih…

Z : model baju lo keren deh, sayang batik…

Me : emangnya kalo batik kenapa?

Z : kesannya daster tidur gitu deeeeeh bukan buat jalan-jalan

Me : Jadi, kalo batik lantas jadi ga keren gitu ya? cuma buat bobok gitu ya? ga bisa buat jalan-jalan atau ngeceng-ngeceng? (–“)

—-

Ya ya.. percakapan-percakapan kayak gitu sih emang sempat terjadi sama saya beberapa tahun yang lalu. Karena saya emang suka pake batik, suka bikin baju-baju lucu dari batik, jauh sebelum kemudian dipopulerkan oleh para artis-artis, dan jauh sebelum Batik (tulis dan cap) akhirnya ditetapkan sebagai World Heritage oleh Unesco. Sayangnya nih, dulu ntah kenapa banyak aja gitu yang malu kalo pake batik. Mungkin karena males sama komentar-komentar kayak yang di atas itu tadi. 

Padahal batik itu bener-bener keren. Bisa dibikin macem-macem gaya, dan selalu up-to-date juga, asal pinter ngerawatnya. Ini sebagian kecil kain-kain batik saya yang udah jadi baju-baju lucu, baik buat ngantor, buat ngeceng maupun buat pesta, bikinan si Jeng cantik itu looooh… Lucu kan? Lucu kan? *maksa*

Sayangnya lagi nih, masih banyak ternyata temen-temen sayah yang males beli batik karena katanya ngerawatnya susah. Dulu, tiap kali ke Jogja, saya pasti ngeborong cairan khusus nyuci kain batik.. eh inget ya kain batik, bukan motif batik. Beda banget soalnya… hihihihi… Nah kemaren pas lagi “jalan-jalan” di internet, saya ga sengaja masuk ke situs ini dan nemu berbagai macam tips perawatan batik. Contohnya kayak gini, tips mencuci kain batik:

  • Pisahkan batik dari pakaian lain. Batik baru mudah luntur, tergantung kualitas pewarnaan dan kainnya.
  • Cuci batik dengan sabun pencuci khusus untuk batik
  • Cuci dengan tangan, jangan menggunakan mesin cuci atau sikat
  • Kucek lembut
  • Jangan memeras batik karena akan menyebabkan serat kain kusut
  • Bilas dengan air bersih

Woooogh pas bener nih! Ternyata ga susah-susah amat. Dan tips-tips lain yang ada di situs itu tentang merawat batik ternyata banyak, dan semuanya ga susah kok. Harusnya sih abis ini ga ragu-ragu lagi ya beli batik yang banyak.. hihihihi 

Eh iya, ngomong-ngomong soal ngeborong batik, suka ironis rasanya, kalo ada orang yang santai-santai aja masuk butik internasional dan ngeborong baju ratus-ratusan ribu sampe jutaan tapi kemudian ngedumel kalo mesti beli batik-batik cantik dengan harga yang sama. Please deh… Gimana mau diakuin dunia kalo kayak gitu caranya… 

62 thoughts on “Batik Foolosophy

  1. wah kalau saya sich tiap hari pakai batik, mau kondangan, kerja, nemui klien semua pakai batik. Untuk apa juga pakai Jas, orang Barat pakai jas karena cuacanya dingin. Nah contohnya anggota DPR RI pada pakai jas, padahal sudah tahu negaranya ini iklim tropis, kepanasan pasang AC lagi, benar-benar boros khan? jadi mending pakai batik saja, sudah pasti sesuai dengan kondisi alam kita ini

  2. Ya …
    Batik … sama kain bermotif batik memang sangat lain …

    Yang kelas …
    Apapun itu … kita harus bangga dengan aset ini …
    Dan memang batik itu OK banget kok
    Jujur … banyak orang bilang saya tambah ganteng kalo pake Baju Bermotif Batik … (halah)

    salam saya ChiC

  3. Tidak ada yang salah masyarakat kita, mereka tidak sepantasnya disalahkan kalo batik melorot pamornya. Jaman berubah, selera masyarakat juga bergeser. Kalo ingin batik bisa mengulang kembali masa kejayaannya, ya musti ada improvisasi dan promosi berkelanjutan dari para pengusaha batik.
    Lihat GKBI (Gabungan Koperasi Batik Indonesia), jangan hanya gedungnya saja yang menjulang tinggi di sudirman. Action-nya juga harus oke, strategi dagangnya pun musti jitu!

  4. Batik itu keren. Aku suka ngeliat orang yang pake batik. Apalagi cewek. Terlihat anggun gimana gitu.

    Bila perlu, tiap hari pake batik deh *nyuruh siapa yah*😛

  5. Sekarang nggak ada lagi yang tanya, ini hari apa kan kalau ada yang pakai batik…
    Batik bisa digunakan dalam segala kesempatan, dari yang santai sampai yang resmi, tinggal melihat bahannya, modelnya dsb nya.
    Bahkan perlengkapan rumah tangga juga bisa dari batik, bantalan kursi, alas meja, tutup piano..dan rumah terlihat indah. Di rumah dinas, gorden nya juga pakai batik….

    Ehh sprei batik bikin tidur nyman karena adem….

  6. kalo batik sekarang juga udah popular, banyak baju-baju dari batik yang bagus-bagus modelnya, buat orang tua, buat anak muda atau anak kecil juga ada, dan bagus-bagus.
    memang iya, kalo dulu batik masih jarang dipake buat keluar rumah.

  7. kita harus mencintai batik karena itu hasil karya anak bangsa yang patut kita cintai dan lestarikan. saat ini udah ditetapkan oleh unesco kalau batik itu menjadi world heritage yang perlu kita lestarikan. kalau kita mengenakannya saja merasa malu siapa lagi yang mau membanggakan hasil karya anak bangsa kita sendiri. saya mendukung mbak yang ga malu dan mencintai hasil karya anak bangsa.

    salam kenal, mbak.

  8. Baju batik saia gak banyak, sih..tapi kalo make Batik di luar Negeri..kesannya kita secara tidak langsung turut membudayakan kekayaan negeri kita di sana, ya…😀

  9. kalau yang namanya batik santai pasti kita pakai dirumah, biasa memang masyarakat kita suka gengsi dengan produk sendiri. Untuk yang krem kalem banget bagus buat acara ultah

  10. kemaren sempat beli batik gw kita batik yang gw beli nggak bagus, eh ternyata gw baru nyadar ndiri kalau batik yang gw pake ternyata sangat bagus

  11. duh baru punya 2 baju batik, kayaknya harus segera nambah nih.
    tapi kalau saya ke kampus pake baju batik sering ditegur, “loh kok aa pake batik sih , jadi keliatan tua loh” :p

  12. aku juga suka pake batik walaupun bukan hari Jumat😀. Bukan apa-apa juga, males mikir pake baju apa ya hari ini?:lol:

    dirumah juga ada beberapa kain batik yang belum sempat saya bikin model apa-apa. Kalau bikinin model buat orang lain gampang banget, giliran buat diri sendiri.. ide mampet:mrgreen:

  13. klo bicara Batik,,
    yg cap sebetulny g perlu perawatan2 khusus2 banget..
    krn pd dasarnya hmpir sama dg perawatan bajui biasa..
    dan tergantung bahannya

    kemudian, motif2 batik sekarang byk yg sudah pengembangan dari motif2 pakem dan lebih menekankan pd aspek kemenarikan.

    Hal itu yg beda dg motif2 batik pd jenis batik tulis.
    rata2 motif batik yg dikembangkan adl motif klasik yg secara motif memang terlihat biasa dan kurang meriah.
    apalagi jika diliat oleh generasi anak muda.

    Perawatan utk jenis batik tulis ini lah yg mungkin perlu sedikit tips khusus perawatan pencuciannya.
    Salah satunya disaranin untuk tidak menggunakan deterjen, namun lebih bagus menggunakan “Lerak”.

    Dan yg cukup disayangkan, tp g parah2 banget.😀
    generasi skrg tdk bs mbedain batik tulis yg sebenarnya lebih memiliki sejarah panjangnya.
    Pengusaha2 di Solo dan Jogja sbg sentra batik apalagi Pekalongan (Kota Batik) lebih suka memproduksi batik cap krn memang lebih laku dan produksinya murah serta cepat balik modal dan memperoleh laba besar.

    Dan lebih disayangkan lagi, ada batik yg lebih murah lagi yang menggunakan printing.

    klo bicara batik, puanjang lah ….
    hehehehe.

    adanya hari batik atau kewajiban batik klo lebih ditelusuri ternyata kurang memiliki agenda kerakyatan, ini sy rasakan sbg salah satu insan penduduk di Kampoeng Batik Kauman,Solo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s