Jalan-jalan, ngga jelas

Jalan-jalan Korea Selatan: Things Need to be Prepared

Mirip-mirip kayak tahun kemarin pulang dari Jepang terus banyak yang DM nanya-nanya soal gimana ke dan selama di Korea (Selatan bukan Utara), jadi saya membuat satu blog post khusus tentang persiapan ke Korea based on frequently asked questions yang mampir ke DM saya. 😁 Tenang, jalur pribadi masih dibuka buat yang masih punya pertanyaan khusus yang ngga ada di-list ini. Hehe.

Jadi apa aja yang mesti disiapin sebelum ke Korea?

1. Visa
Yes. Pertama kali yang mesti kalian siapin adalah visa. Lho? Ngga siapin tiket sama bookingan hotel? Ngga perlu. Seriusan. Berdasarkan pengumuman di website kedutaan Korea, mereka ngga minta bukti pembelian tiket dan bookingan hotel. Jadi ngga udah beli tiket dulu ngga apa-apa. Ngaruh ke approval ngga? Harusnya sih ngga. Lah ngga ada dipersyaratan kok.

Jadi apa aja persyaratannya? Buka di website kedutaanΒ aja bisa kali ah. πŸ˜‚Β Biayanya sebesar IDR 544.000.

Perlu persiapan rekening sampe 50juta? Nggaaaaaa. πŸ˜‚ Itu kalo kamu apply visa lewat agensi. Ditakut-takutinnya gitu. Kalo ngga, ngga bakal diapprove. Padahal mah itu takutnya mereka aja. Biar track record aman apply visa selalu diapprove, minta rekening segitu. Cih. Tinggalin aja agensi kayak gitu. 😜

Kalo banyak waktu luang, apply sendiri aja. Gampang kok. Jadi berapa yang harus ada di rekening? Ya kira-kira biaya hidup di sana selama kunjungan aja plus lebihin sedikit. Jadi kalo kamu bakal stay selama 10 hari di Korea amannya ya 1juta kalo 10 hari tambahin sedikit. Sekitar 15jutaan deh di rekening. Saya juga kemaren masukin account yang ngga sampe 20juta malah. Approved tuh visanya. 😁

Apa yang bikin visa ngga diapproved? Wah ini cuma mereka sama Tuhan yang tau kayaknya. Yang penting selama semua syarat terpenuhi kayaknya aman-aman aja deh. Soalnya ngga ada interview, jadi kalo ada data yang mereka ragu biasanya akan diundang buat interview.

2. Tiket Pesawat dan Hotel.
Kalo bisa udah approved, baru deh cari tiket. Masalahnya ini agak kayak ayam dan telur. Visa tuh biasanya dikasih ngga dalam jangka waktu lama. In my case, cuma dikasih 3 bulan jangka waktunya. Kalo apply visa dulu dan approved, berarti nyari tiket dan booking hotel yang deket-deket tanggalnya. Yang berarti agak ngga mungkin dapet harga promo. Hahahahahaha.

Ya gitu deh. Saya kemaren udah secure tiket dan hotel terus baru apply visa. Sempet deg-degan bisa ngga approved dong. Kan rugi tiket sama bookingan Hotel. Hahahahaha. Alhamdulillah sih approved.

Jadi antara bisa dulu atau tiket dan hotel dulu, yah menurut saya sih mana aja yang nyaman buat kamu. Kalo pede bisa pasti approved ya booking aja dulu tiket sama hotel. Kalo ngga, ya apply bisa dulu aja. Sekedar saran kalo mau apply visa dulu, cari tanggal yang bukan peak season. Jadi walaupun ngga dapet tiket promo, setidaknya harga tiketnya juga ga mahal-mahal banget. 😁

3. Bagi itinerary dong, Chic!
Boleeeeeh… Kalian bisa check itinerary saya untuk 8D/7N di sini, lengkap sama biaya masuk dan train/bus. Ini itinerary santai to medium. Saya orangnya ngga ngoyo-ngoyo banget kalo jalan-jalan, jadi beberapa itinerary sempet di-skip. Macem-macem sih alasannya. Beberapa sih karena jalannya juga kesiangan dan ngga strict sama jam. Ada yang karena salah jadwal kereta jadi ngebatalin jalan ke beberapa tempat.

Ini di luar biaya makan sama belanja. Mohon maaf tempat kunjungannya masih yang mainstream. Maklum first timer. Jadi daftar wajib kunjung aja dulu. πŸ˜‚ Dan oh karena saya bukan anak wisata belanja jadi mohon maaf juga itinerary belanja hampir ngga ada di situ. 😁

Kalau masih butuh saran lain soal tempat-tempat yang mau dikunjungi silahkan japri, ya!

4. Makan aman ngga?
Ini saya rada ngga ngerti sih yang dimaksud aman itu yang gimana. Kalo aman dalam artian gampang ngga nyari makanan halal, ya Korea Selatan bukan negara yang banyak muslimnya sih. Ga pinter-pinter banget Bahasa Inggris juga. Ngga kayak di Jepang, kebanyakan restoran di Korea ngga selalu menyediakan menu dalam Bahasa Inggris. Jadi kalo mau makan ya harus pinter-pinter lah pilih menu. Dan jangan malu-malu buat nanya. Sekedar nanya “is it pork or not” aja mereka paham kok. Good newsnya, penduduk Korea kayaknya pengemar ayam, jadi banyak banget menu olahan ayam di sini. Jadi harusnya aman yes? 😁

img_2385
Bibimbap

Pengalaman makan di Gukje Market di Busan, yang notabene adalah kaki lima, ada satu tempat yang ibu penjualnya aware banget kalo saya ini melayu (walau pun sipit hahahaha). Pas nunjuk satu makanan, si Ibu tiba-tiba bilang no no sambil bikin gerakan yang intinya menunjukan kalo makanan yang saya pilih mengandung babi lalu menunjukan makanan mana aja yang aman buat saya. Wow sekali ngga? Padahal saya ngga pakai simbol apapun yang menunjukan saya muslim lho.

Kalo yang kalian maksud aman atau ngga adalah taste, Korean food dibanding dengan Japanese Food lebih tasty sih. Kalo saya sih aman-aman aja di lidah. Tapi buat yang ngga terlalu cocok ya bisa lah bawa apa kek dari Indonesia. Temen saya kemaren bawa boncabe level ntah berapa. Buat nambah-nambahin rada pedas. πŸ˜‚

Harga juga variatif sih. Relatif lebih murah sedikit dibanding di Jepang. Tapi ya tetep ga sebanding kalo makan di Indonesia. πŸ˜‚ Yang menyenangkan, di Korea ngga ada keharusan kalo masuk restoran berdua (atau berapa pun jumlah orang yang masuk ke resto) maka kita harus pesan makanan sesuai dengan jumlah orang yang duduk. Ngga kayak di Jepang. Dan perlu diingat orang Korea tuh kalo bikin porsi makanan banyak coy, belum ditambah side dish. Jadi kalian bisa beli satu menu buat makan berdua or bertiga. Udah cukup banget dan kenyang banget. Lebih hemat juga jadinya. πŸ˜‚

5. Jalan-jalan pake apa di sana?
Bus dan Train. Combination of both moda transportation. Untuk keluar-keluar kota, pake KTX/ITX/Mugungwha atau apalah namanya itu. Kayak di Jepang, kalo emang itinerary kalian banyakan ke luar kota, bisa sih pesen Korail Pass (semacam JRPass) dulu dari sini. Jadi naik kereta-kereta yang mahal kayak KTX (sejenis Shinkansen-nya Jepang) udah gratis. Ga bayar lagi. Dan lebih hemat dibanding beli ketengan. Tapi klo ngga yakin sama itinerary ya ngga usah.

Apa bedanya KTX/ITX/Mugungwha? Itu kereta-kereta buat keluar kota semua dari Seoul. Bedanya selain di tujuannya dan harga, juga kecepatan. KTX itu yang paling cepat dan paling mahal. Hahahaha. Kalo santai dan ngga keburu-buru waktu ngejar itinerari lain, bisa menyesuaikan mau naik kereta yang mana.

Google Maps ngga terlalu bisa diandalkan untuk dipake di Korea, jadi saran saya download KakaoMap demi segala kebutuhan transport selama di Korea. Untuk iOS bisa diunduhΒ di sini dan untuk Android di sini. Aplikasi ini sangat lengkap untuk menampilkan moda apa yang harus kalian pakai untuk menuju suatu tempat, lengkap dengan navigasi dan harganya. Sayangnya ngga semua tulisan dalam huruf latin. Jadi sangat disarankan untuk teliti mencocokan huruf per huruf penulisan Hangul yang tertera di aplikasi dengan yang ada di papan in case kalian lagi ada di statiun. Selain itu, sebelum naik kereta atau bus, sangat disarankan untuk menghitung jumlah berapa stasiun atau halte yang akan kalian lalui berdasarkan yang ada di aplikasi dengan actual yang kalian lalui. Sungguh sangat membantu untuk tidak nyasar.

Perlu beli kartu khusus buat transportasi ngga? Ngga perlu sih sebenernya, bisa kok bayar train dan bus ketengan. Cuma ya ngga praktis. Kalo mau yang tinggal tap dan act like local, bolehlah kalian punya T-Money atau Cashbee card. Bisa beli dan isi di minimarket-minimarket terdekat. Kemarin saya isi sekitar 30,000 won, cukup banget buat seminggu muter-muter Seoul, Jeonju dan Busan.

img_2386
T-Money punya saya :3

6. Koneksi pake apa?
WiFi banyak. Dari mulai di bus atau kereta sampe di jalan aja banyak. Cuma ya ngga selalu reliable. Namanya juga gratisan. Saya kemaren tambah sewa Passpod untuk kebutuhan pindah-pindah lokasi. Sewanya gampang, balikinnya juga gampang. Bahkan bisa balikin di Soetta Airport begitu kita sampe di Jakarta. Dipake selama di Korea juga ngga ada keluhan khusus sih. Paling beberapa titik suka lemot, tapi overall sangat membantu khususnya pada saat kudu buka Kakao Map dan googling-googling tempat yang akan dituju. Buat posting sosmed doang sih lancar bangeeeet. Silahkan check di websitenya untuk keterangan bisa dibawa ke mana aja device ini.

7. Tips Khusus?
Hmmm apa ya. Ngga ada sih. Siapin outfit yang pas aja, terutama sneaker dan flat shoes karena bakal banyak jalan kaki. Ya kecuali mau sewa mobil ke mana-mana. Outfit tentunya menyesuaikan musim ya. Tips lain sudah ada di atas-atas tadi saya tulis. Apalagi ya? Enjoy the trip aja lah. Jangan dikit-dikit ngeluh.

Selamat jalan-jalan!

4 thoughts on “Jalan-jalan Korea Selatan: Things Need to be Prepared”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s