Saya Blogger?

Blogger.. atau penulis blog… menurut wikipedia adalah Orang yang memiliki atau memelihara suatu blog.

Blog sendiri (masih menurut wikipedia) merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Saya sendiri memulai kegiatan tulis menulis sejak kelas 5 eSDe. Waktu itu media saya ya hanya diary (yang sampai berbuku-buku) dan menulis cerpen dan puisi yang beberapa kali pernah dimuat di majalah sekolah dan mading, sampe pretasi terbesar buat saya saat itu adalah dimuatnya salah satu cerpen saya itu di Majalah Bobo dan beberapa puisi saya di tabloid anak-anak. Sejak itu saya sering didaulat sama guru untuk membacakan cerita di depan teman-teman saya di sekolah. OMG!

Sampe eSeMPe, kegiatan tulis menulis itu masih saya lakukan walaupun agak jarang. Mulai dari menulis sampah hati, misuh-misuh sama Nyokap (maklum abegeh ), sampe menulis opini saya mengenai sekolah dan sekitar saya. Masih, saya menulis buat mading sekolah. Tapi tidak pernah lagi membuat cerpen (boro-boro buat dimuat di Majalah Bobo). Kegiatan saya yang mulai bertambah mulai dari Basket sampe Pramuka membuat saya malas menulis. Apalagi jaman itu baru mulai kecentilan dengan suka nongkrong juga (padahal di Palembang, mall waktu itu baru ada satu, baru buka pula! ). Makin lah saya tidak pernah menulis lagi.

Masuk eSeMA, kegiatan tulis menulis itu berhenti sama sekali. Jam belajar formal yang lebih lama ditambah kegiatan yang makin bertambah membuat saya sudah capek begitu sampe rumah. Lagipula saya sudah bosan dengan media diary itu. Jadi lah uneg-uneg yang berkeliaran di benak saya hilang begitu saja. Saya tidak berminat menulisnya. Kalau pun saya gatal menulis, uneg-uneg itu hanya saya tulis di sebuah lembar coret-coret yang ketika sudah selesai saya tulis langsung saya remas-remas dan buang ke kotak sampah.

Masa kuliah, saya kangen sama menulis. Tapi masih bingung menggunakan media apa. Akhirnya saya hanya menulis jurnal harian. Tulisan-tulisan pendek yang kadang-kadang hanya 5 kalimat, yang saya sisipkan disela-sela catatan kuliah saya.

Dan metode itu berlangsung sampe setahun setelah saya bekerja.

Tahun 2005 saya mengenal kata Blog dari Friendster. Itu pun gara-gara beberapa temen punya blog di situ. Saya waktu itu belum tertarik bikin. Hanya suka membaca beberapa blog temen di FS itu. Saya belum mengenal kalo diluaran sana ada blogspot, blogdrive, wordpress de el el itu. Sampe satu hari saya benar-benar gatal untuk menulis isi otak yang sudah penuh dengan kalimat-kalimat untuk ditulis. Saya pun iseng membuat account blog di FS, satu-satunya media yang saya tau waktu itu. Dan mulai lah saya menulis kembali, walaupun masih jarang apdet. Kadang-kadang bisa seminggu sekali, kadang-kadang cuma sebulan sekali, malah pernah berbulan-bulan ngga di apdet… hihihihihi

Dari situ saya mengenal banyak blog, sering berkunjung, baca-baca, tapi ga pernah meninggalkan jejak. Hanya suka aja baca-baca di sela-sela kepenatan pekerjaan kantor. Apalagi kalo di blog tersebut banyak cerita-cerita lucu dan seru.

Akhir tahun lalu, saya lagi-lagi iseng membuat akun di wp. Beneran iseng, orang sampe berminggu-minggu ngga saya isi. Sampe akhirnya saya delete. Bener-bener kurang kerjaan. Awal tahun ini saya memutuskan untuk bener-bener mulai menulis di wp dan meninggalkan akun di FS. Saya tidak berharap blog ini akan dikunjungi banyak orang. Waktu dapet komen pertama kali girang banget.. hihihihi… mulai satu komen, dua komen, sepuluh, empat puluh.. sampe rame kayak sekarang, saya betul-betul ga nyangka! Sementara saya masih menulis seenak jidat saya saja apa yang ingin saya tulis. Kadang-kadang apdet, kadang-kadang engga. Pokoknya masih suka-suka saya saja.

Lalu, apakah saya ini pantas disebut Blogger? Ya apalah sebutan itu.. Saya ini hanya ingin menulis. Apapun itu.

Selamat Hari Blogger Nasional semuaaaa.. semoga kita bertemu di Pesta Blogger 2008 nanti.

97 thoughts on “Saya Blogger?

  1. Met Hari Blogger Nasional, Chi…😀

    tetep menulis yaa..
    kita-kita suka kook baca blognya Bunda Vio.. tiap apdetan ngga pernah kelewat looh..😆
    *biar ditraktir dot com*

  2. Yang penting nulis, Chi…
    Asal nggak:
    nyontek, jorok, dan boong (itu tiga aturan maen si Om NH itu lhooo…)

    You are a blogger.
    Dan you know what…
    Seleb blog, malah!😀

    Salam buat Vio ya, Chi..

  3. denger2x blogger kalo dlm bhs indonesia nulisnya bloger yah (1 g)? ga tau jg ding🙂

    gue msh awam ama yg namanya pesta blogger. Jadi ya ga terlalu ngikutin:mrgreen:

  4. ChiC …
    Selamat Hari Blogger Indonesia …
    Hari blogger atau bukan … kita tetap nulis ya ChiC …
    yang penting …
    Nggak Boong …Nggak Jorok … Nggak Nyontek …

    Cheers …
    Opa Trainer

  5. Selamat hari Blogger Nasional! Kalau saya malah ndak ada bakat nulis sama sekali. Masa SD, buku tulis bukannya buat ngerjain PR malah buat corat-coret:mrgreen: SMA s/d Kuliah lebih tertarik di bidang seni. Yo weslah, Blog ya isinya juga bukan tulisan2 yang berbobot, cuman sekedar tempat menyampah oret-oretan😀

  6. meski saya juga bukan blogger, tapi saya ingin menulis… menulis dan membuat tapak, hingga jika saya berpulang nanti setidaknya ada yang saya tinggalkan buat chic dan teman2 yang membaca blog saya tentunya🙂

    selamat hari blogger🙂

  7. Bagus, dirimu gak ikut-ikutan latah mengucapkan Selamat Hari Belogger Nasional ke-II, pada saat umur pesta blogger 2007 sampe sekarang sebenarnya baru I tahun.

    chic [bilang]
    wakakakaka emang ada ya?😆

  8. oo.. gitu ceritanya toh… sampe ibu ini jadi blogger? wah.. asyik juga pengalaman dari mengenal blog… eh..eh.. pernah dimuat majalah bobo’… wah… bacaan gw dulu tuh… he..he.. tpi pada ilang bobo’ gw.. tau tuh.. yang ngambilin dimeja sapa… setelah nangkring dijakarta yang sumpek ini… he..he..

  9. kembali mengeblog nih.

    selamat sore mbak chic dan para blogger Indonesia🙂

    chic [bilang]
    waaaah welkambek mas arif… abis bulan madu ya?
    gimana acaranya?
    :mrgreen:

  10. alo mba’
    saya jadi malu deh
    krn saya mlai menulis baru bulan ini wlw saya sdh ada keinginan bljr tuk menulis-nulis tp selalu saja komen teman “buat aja apa yg kepikiran” ga susah kok
    dan itu blm saya realisasikan sama sekali
    sampai akhirnya difasilitasi langsung tuk bkn blog…
    bljr2 nulis skrg kykna dah mulai adiksi deh….
    kalo bs dan mau bagi dunk ilmunya mba’🙂

  11. hidup blogger. dari blogger kita kenal ama orang2 sedunia, tau apa yg mereka2 tulis. ada yg nulis2 diari, bagi bagi tips ampe cari cara biar wajah mereka bisa terkenal di internet.

    pantes buat dirayain bgt lahhhh…

  12. waaaa… dulu saya selalu baca bobo… jangan2 ada tulisan kamu yang aku baca :)…
    tapi memang blog bagus untuk kita memaknai hidup suatu saat nanti kita amnesia😛

  13. penasaran ama cerita di majalah bobo, gw dl jg sring baca majalah bobo🙂

    btw deskripsi seorang blogger tuh orang yg suka nulis yah ?

    jadi blog tu -> diari online

    baru ngerti hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s