Soal Konsumsi Gula itu…

Jadi kapan tau saya terlibat dipercakapan dengan @buibuksocmed dan @tanyadok mengenai masalah konsumsi gula yang ternyata sangat berlebihan dalam keseharian kita. Obrolan ini bikin saya terkaget-kaget sendiri karena saya merasa bahwa selama ini saya sudah sangat berusaha mengurangi konsumsi gula sehari-hari saya.Misalnya dengan mengurangi konsumsi nasi putih atau menghindari minuman kemasan dan lebih banyak minum air putih. Lha kok ya masih berlebihan juga ternyata. Sad.

Menyimak dari tweet @tanyadok,  anjuran konsumsi gula harian dari Menteri Kesehatan adalah 50gr atau setara dengan 4 sendok makan. WHO sendiri menganjurkan untuk membatasi konsumsi gula harian sebanyak 25 gr atau setara dengan 2 sendok makan untuk manfaat kesehatan tambahan. Waw! Sedikit yes?

Padahal coba bayangkan apa yang kita makan sehari-hari. Mulai dari pagi. Minum kopi atau teh atau susu. Berapa sendok gula yang kita pakai? Kalian ngeh ngga dengan kandungan gula di susu yang dipakai buat nyampur kopi, mungkin? Itu baru minuman. Trus lanjut sarapan. Roti tawar dioles mentega plus meses? Atau pake coklat oles? Plus keju? Atau nasi goreng? Lontong sayur? Bubur ayam? Baru jam 9 pagi aja, gula yang kita konsumsi ternyata sudah berlebihan. Belum ditambah makan siang, cemilan, ngopi sore, plus makan malam. Apalagi sebagai orang Indonesia, rasanya belum makan kalo belum ketemu nasi. Ada yang pernah tau kandungan gula di nasi putih itu berapa gram?

Bahkan di dalam cemilan yang katanya sugarless atau sugar-free aja, ternyata masih tetap terdapat kandungan gula. Whoaaaa!

Sebenernya gula memang bermanfaat bagi tubuh kita, tapi kalo dikonsumsi berlebihan efeknya ya ngga bagus juga. Apa-apa yang berlebihan itu emang ngga bagus sih. :))))

Udah pada tau kan ya macam-macam penyakit yang bisa timbul akibat konsumsi gula berlebih ini? Ya salah satunya Diabetes. Tapi saya di sini ngga bakal bahas soal penyakit-penyakit sih. Bukan keahlian saya juga. Bhahahahahahak.

Cuma gara-gara nyimak obrolan soal gula kemaren itu, setiap mau makan atau minum sesuatu, saya selalu bertanya-tanya berapa kandungan gula di dalam makanan atau minuman tersebut. Hahahahaha. Riweuh bener hidup saya. Eh tapi kalo mau sehat mah ya kudu repot sih.

Kalian gimana soal konsumsi gula? Santai aja atau berusaha mengurangi? Share dong usaha ngurangin konsumsi gulanya. ^^

Advertisements

6 thoughts on “Soal Konsumsi Gula itu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s