Jalan-jalan Bandung: Kota Baru Parahyangan

Jadi, weekend minggu lalu saya dan beberapa temen blogger lainnya jalan-jalan ke Bandung. Bandung Barat lebih tepatnya. Ke sebuah kompleks kota satelit bernama Kota Baru Parahyangan. Kalau berdasarkan yang tertulis di websitenya Kota Baru Parahyangan ini merupakan proyek berskala kota pertama di area Bandung Raya yang akan menampung segala fasilitas dan fungsi perkotaan.

KBP sendiri terdiri dari beberapa kompleks perumahan sesuai dengan targetingnya masing-masing, dalam sistem tatar satu pintu dengan sistem keamanan 24 jam, dikelola oleh Town Management guna menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi para penghuninya. Jadi ngga cemas kalo mau meninggalkan rumah dalam keadaan kosong gitu deh.

Kemarin saya dan teman-teman diajak menengok beberapa rumah contoh. Yang pertama kami datangi adalah rumah contoh Nagatirta Wanoja di Tatar Naganingrum. Rumah berarsitektur modern minimalis ini seluas 278/305M2, menawarkan konsep rumah keluarga yang 4 kamar tidur plus 1 kamar ART dengan pembagian ruangan yang bagus. Boleh juga ini dicontek kalo pas mau bikin rumah.

Rumah contoh kedua yang kami kunjungi adalah Subang Tirta Asri di Koridor Bandoeng Tempo Doeloe. Dilihat dari nama kompleksnya, rumah ini berarstitektur rumah Bandung jaman dulu. Ya kayak yang bisa dilihat di jalan Cipaganti deh. Persis kayak gitu. Masuk ke sini, perasaan langsung adem. Salah satu ciri khas rumah jaman dulu yang saya suka banget, yaitu ceiling tinggi, ada di rumah ini. Aaaaaaaak. 😍 Pas masuk ke dalam, tambah jatuh cinta sama rumah ini. Ruang tengahnya, ruang duduknya, ruang makannya, dapurnya, semuanya cakep! Udah gitu, ruang belakangnya pake pintu kaca gede yang pemandangannya danau. Ya Allah, cakep banget! Pengen banget saya rumah model begini. Asli! Anuh, harganya IDR 5,8M aja sih. Ya kali ada yang mau beliin. Ehe. 😌

Tipe-tipe lain sih bisa dilihat di website ya. Cakep-cakep konsepnya. Tiap kompleks perumahan juga dilengkapi taman yang bisa dikunjungi buat piknik atau tempat main anak-anak. Karena mengusung konsep Budaya, Sejarah dan Pendidikan, taman-tamannya juga dilengkapi informasi-informasi edukatif seputar tanaman-tanaman yang ada di situ. Menarik ya.

Jadi selain kompleks perumahan, apalagi yang ada di sini?

BUMI PANCASONA SPORT CLUB

Yes, ini adalah fasilitas sport yang bisa dimanfaatkan penghuni di waktu senggangnya. Fasiltasnya lengkap banget, gaes. Mulai dari kolam renang tipe Olympic, sampe kelas dance pun ada. Waaaaa. Mau basket, ada. Mau futsal, indoor outdoor, ada. Bulutangkis, tenis, panahan, fitness? Ada. Sampe panahan juga ada. Asik kan? Kalo tinggal di sini kayaknya rugi banget ngga memanfaatkan fasilitas-fasilitas ini. Saya aja pengen. 😂

MASON PINE HOTEL

Yoih. Ada hotel di sini. Bintang 4 lagi. Kemaren para peserta diinapkan di sini dengan fasilitas VIP. *bahagia* Fasilitas, ya hotel standar lah ya. Pas kebetulan saya dan Teh Nita dapet kamar pojok dengan pemandangan luar biasa. *tambah bahagia* Makan malem di Fok Luk Sau Shark’s Fin & Seafood restaurant. Makan steamboat gitu. Enak banget ini. Enak. Banget. Banget. Saya sampe ogah rugi bolak balik ngambil makanan. Hahahahahaha.

SUNDIAL PUSPA IPTEK

Ini wajib kunjung sih. Sundial Puspa Iptek merupakan Gedung Jam Matahari terbesar di Asia Pasifik yang memiliki 2 bidang dial horisontal dan vertikal. Sayangnya kami ngga ke sini kemaren. Cuma lewat aja. Hujan, cyin!

MASJID AL IRSYAD SATYA

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 1 Ha yang menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan  dengan Al Irsyad Satya Islamic School. Masjid dirancang oleh the one and only Bapak Walikota Bandung Ridwan Kamil yang memang seorang arsitek. Konsep masjidnya sendiri berupa kubus sederhana tersebut terinspirasi oleh Ka’bah yang ada di Masjidil Haram. Lampu-lampu yang ada di dalam masjid kalau malam akan menampilkan bayangan Asmaul Husna alias nama-nama Allah. Trus bangunan yang bolong-bolong ini juga, kalau malam terlihat dari jauh juga menampilkan beberapa Asmaul Husna. Bagus ya.

Jadi, mau ke sini lagi ngga? Saya sih mau kalo diajakin lagi. >.<

Advertisements

9 thoughts on “Jalan-jalan Bandung: Kota Baru Parahyangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s