Jalan-jalan Penang: From Penang Hill to Batu Ferringhi

Penang View from the Penang Hill
Penang View from the Penang Hill, karena masih pagi banget masih berkabutπŸ˜€

Yup! Minggu lalu, saya dan Ipi jalan-jalan ke Penang. Memanfaatkan promo tiket tentu saja!πŸ˜› Kami berdua memang belum pernah ke kota ini, jadi kami excited membeli tiket ini walaupun berangkatnya masih 5 bulan lagi!πŸ˜† Yang penting, bukan jalan-jalan wacana! Yeah!:mrgreen:

Lima bulan mestinya cukup untuk kami meriset semua tempat yang pengen kami datangi di Penang. Tapi ternyata ngga. Yang kami lakukan sampe dengan seminggu sebelum berangkat hanyalah memesan hotel. Sampe H berangkat, kami belum menyiapkan itinerary apapun buat di sana. Pokoknya berangkat ajah! Perkara di sana mau ngapain dan harus naik apa, itu perkara di sana aja. Well, we actually expecting for any surprise there, so whatever happens there, couldn’t make us disappointed. Makanya ga bikin rencana sama sekali.:mrgreen:

Jadi lah, begitu sampe Penang, kami mengambil semua brosur peta, promo, travel site dan apapun itu yang berhubungan dengan Penang. Lalu bertanya di bagian informasi mengenai bus yang bisa membawa kami ke hotel. Sampe di hotel yang ternyata dikelilingi banyak tempat makan enak, kami baru mikir besok mau ngapain!

Ya begitu lah.. Namanya juga jalan-jalan.πŸ˜†

Lalu ngapain aja kami di hari pertama di Penang?

Tujuan utama dan pertama, tentu saja, Penang Hill dan naik Penang Hill Railway dong! Penang Hill ini bisa dicapai dengan naik bus Rapid Penang nomor 104 dari George Town, langsung ke Stasiun Bukit Bendera, seharga RM 2.70 per orang. Sampe di Stasiun Bukit Bendera ngantri deh beli tiket Penang Hill Railway. Harganya RM 30 per orang. Railway ini buka dari dari 6 pagi sampe jam 9 malem di weekdays dan sampe jam 11 malem pada waktu weekend. Pemandangan sepanjang jalan ke atas oke banget kok!πŸ˜€ Alternative lain, selain naik Penang Hill Railway ini adalah naik mobil atau taksi. Tapi kan ga seruuu…πŸ˜›

Penang Hill Railway

Trus, ngapain aja di atas? Photo-photo pastinya! Bhahahahahak. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di Penang Hill. Tinggal di googling. Cuma beberapa kalo mau masuk ya bayar lagi. Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah The Owl Museum. Masuk ke sini harus bayar RM 10 per orang. Isinya, pernak-pernik, patung-patung, boneka-boneka, lukisan-lukisan dan semua yang berhubungan dengan burung hantu. TAPI… ga ada burung hantu aslinya sama sekali! HIH!πŸ˜† Tapi isinya lucu kok. Tetep bikin histeris.πŸ˜›

The Owl Museum

Turun dari Penang Hill, kami kembali ke George Town dan melanjutkan perjalanan ke Penang atas lainnya yaitu ke arah Batu Ferringhi. Kalo liat di peta sih, kayaknya dari Penang Hill ke sana ngga jauh, tapi ngga ada jalannya yang langsung menuju ke situ! Jadi lah kudu balik lagi ke kota, trus ganti RapidPenang nomor 101. Tujuan kami adalah Penang Butterfly Farm yang ada di Teluk Bahang. Ternyata tempat ini adalah ujungnya banget Batu Ferringhi. Turun di statiun paling akhir di Teluk Bahang, di depan wahana bernama Escape, tempat main outdoor adventure gitu lah. Dari lokasi ini, kami masih harus jalan kami dikit menuju ke Penang Butterfly Farm ini. Hahahahahaha… Lumayan juga perjalanannya.

Butterfly Farm

Tapi Penang Butterfly Farm ini worth to visit kok. Admissionnya RM 27 per orang. Begitu masuk langsung disambut ribuan kupu-kupu warna warni yang terbang-terbang ke sana sini dan ngga malu-malu buat nempel di baju, rambut bahkan tangan kita! Waaaaa! Dan isinya ngga cuma taman kupu-kupu aja sih, tapi juga ada mini theater, tempat kita bisa nonton transformasi si ulat menjadi kupu-kupu, dan galeri ulat, kepompong dan kupu-kupu dari seluruh dunia. Betah rasanya berlama-lama di sini, kalo ngga mikir kita lagi wisata dan pengen juga melihat tempat lainnya.:mrgreen:

Sepanjang jalan dari Batu Ferringhi ke Teluk Bahang ini sebenernya banyak banget tempat wisata yang bisa dikunjungi. Ada Toys Museum, ada Tropical Spice Garden, ada National Garden yang katanya ada air terjun bagus banget. Lebih gampang kalo mau jalan-jalan ke daerah sini adalah bawa mobil sendiri.Β Sayangnya waktu itu udah sore, dan kami sok adventure naik bus. Mau ke tempat-tempat ini berarti kami harus naik turun bus 101 yang agak lama datengnya itu, dan yang berarti kudu bolak-balik bayar RM 1.40. Berasa rugi.πŸ˜›

Batu Ferringgi Beach

Jadi lah sepulang dari Penang Butterfly Farm, kami langsung menuju Pantai Batu Ferringhi, buat sunset-an! Sebagai pengemar sunset, melihat sunset di pantai yang belum pernah dikunjungi itu wajib!πŸ˜† Pantai Batu Ferringhi sendiri cukup tenang buat leyeh-leyeh. Bersih dan pasirnya putih! Ntah kenapa kemaren ga banyak turis padahal weekend. Sepi. Tapi malah menyenangkan jadinya. Ga rebutan tempat.

Sunset

Kami beruntung hari ini cuaca cukup cerah sehingga sunsetnya pun bagus. Well, perfect ending for the perfect day, no?πŸ˜€

Photo-photo lebih lengkap soal Penang hari pertama ini, silahkan liat di Flickr saya yaaaa… *promo*😳

—-

TIPS:

1. Kalo mau keliling naik bus Rapid Penang, jangan lupa siapkan uang receh koin, karena bus ini tidak menyediakan kembalian. Kalo pas ngga punya receh, bayarnya nyesek. Lebih mlulu. Tapi kalo kurang ngga mau terima si supirnya. Huh!😈

2. Harga tiket Rapid Penang ini berkisar dari dari RM 1.40 sampai RM 4.00, tergantung jauh dekat tujuan kalian. Sebut saja tujuan akhir kalian ke supirnya, nanti dia yang menentukan berapa harga tiketnya.

3. Kalo mau naik taksi, perlu diingat bahwa taksi di Penang ngga ada yang pake argo. Kalo ngga tau patokan harga dari satu tempat ke tempat lainnya mending ga usah naik taksi dari pada nanti harganya ditembak. Kalo perlu tanya dulu ke petugas hotel tempat menginap untuk tau patokan harga taksi.

4. Pake baju dan sepatu yang nyaman. Karena bakal banyakan jalan kaki dan cuacanya panas bok!πŸ˜†

14 thoughts on “Jalan-jalan Penang: From Penang Hill to Batu Ferringhi

    1. hi.. Mba Chichi.,.
      seru ya lihat Sunset di Feringhi..
      nanya dong, kalau mau ke Batu Feringhi nya, turunnya pas naik bus 101 itu apa ya nama tempatnya?

      thank you,.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s