Katanya sih….

Katanya sih, ada perbedaan yang jelas dalam definisi kata “mengagumi” dan “iri”
Tapi emangnya ada yang benar-benar tau apa bedanya?
Karena jujur, saya ngga tau.. dan sedang mencari tau.

Katanya sih, ambil aja segi positif dan segi negative-nya
Tapi sih sejujurnya, emang penting ya?
Karena kita manusia ini kan, ironisnya, terkenal akan kemampuan nalarnya…

Jadi, kamu ada di sisi yang mana?

Anything other than yes is no
Anything other than stay is go
Anything less than I love you is lie
Friends, Lovers or Nothing
We could ever only be one

Friends, Lovers or Nothing – John Mayer

——-

Keterangan Photo:
di ambil ketika sedang menunggu meeting di lounge Hotel Mulia.

42 thoughts on “Katanya sih….

  1. mengagumi membuat kita terinspirasi dan bergerak maju, tapi iri membuat kita jalan di tempat, bahkan mundur.

    menurut saya sih gitu… mas chic. *nunjuk komen di atas sambil ngikik*

  2. kalo saya liat seseorang dengan sesuatu yang mbikin saya kepingin trus saya mengutuk dalam hati kenapa bukan saya yang punya itu, berarti saya iri.

    kalo saya liat seorang mbak-mbak yang cantik dengan bodi semlohai sampe iler saya netes-netes, berarti saya kagum, karena ndak ada keinginan saya untuk bisa punya bodi semlohai seperti dia. *eh, itu kagum apa napsu ya?*

    lha kalo saya melihat seorang mbak-mbak yang cantik dengan bodi semlohai sampe iler saya netes-netes dengan sesuatu yang mbikin saya kepingin trus saya mengutuk dalam hati kenapa bukan saya yang punya itu berarti saya kagum campur napsu iri.:mrgreen:

  3. Hehe… mirip tapi beda. Kalau jawaban atas pertanyaanmu itu, aku ada versi mukabantal (tulisan singkat jadul), mampir aja kalau berminatπŸ™‚ (di url ku ini).

  4. kalo aku sering kagum sekaligus iri.
    kan kalo kagum itu berarti kita mengakui sesuatu yg luar biasa di diri orang lain bagi kita, yg mungkin ga bisa kita capai tp bisa dicapai orang lain. wajar aja kan kalo jd iri jg? hehehe…
    eh tp irinya nggak pake dengki loh, yaaa… ;P

  5. Saya di sisi positifnya.πŸ™‚
    Kagum itu malah akan memotivasi diri agar bisa menjadi tokoh yang kita kagumi. Kalo iri, kebalikannya, kita malah merasa ingin menjatuhkannya.πŸ˜€

  6. kagum itu akan membuat seseorang bergerak maju menjadi lebih baik lagi seperti pada hal yang ia kagumi. sedangkan iri tidak akan membawa perubahan tapi menyakiti diri sendiri.
    begitu menurut Yuli

  7. daripada capek ngiri, mending sibuk ngerjain yang lain yg lebih berguna. ngiri adalah sesuatu yg sia-sia. mending jadi yang disirikin orang lain. *eh*

  8. kl aku sih ngejauhin iri. klo dia emang lebih baik dari aku, ya aku bilang” kamu hebat”. aku apresiasi deh.

    intinya sih, ngeliat kelebihan orang buat memacu diri…
    *benerin jas, abis pengajian mario teguh*πŸ˜€

  9. mampir ke rumahnya mimid kojaker drpd disambit hihihiπŸ˜›
    akur sama apa yg dikatakan kitinπŸ˜€
    lagian kalo iri bisa cenderung jd sirik.. and itu gak baik..

  10. Kagum dan iri ini memang beti…beda tipis.
    Sama seperti benci dan cinta….

    Pilih mana? kelihatannya memang tergantung sikon…jadi bisa terjadi dimana saja.
    Tapi yang penting, rasa iri harus disikapi dengan positif untuk mendorong kerja keras agar mencapai yang lebih baik.

  11. emm… mengagumi..seperti kita mengagumi sso yang ingin kita miliki
    iri..seperti kita melihat sso yg memiliki sso yang ingin kita miliki
    emm tambah bingung yah…?
    piss

  12. Wew, very good questiong…. Kagum dan iri itu beda jauuuuuuuuu

    Menurutku, mengagumi itu bukan berarti iri, mengagumi itu memiliki nilai + artinya, kita tersentuh, tersentak, terhadap sesuatu karena ketidak mampuan kita, menyadari hal itu, kita jadi merasa kagum, “waahh hebat, waah keren!!”

    Sedangkan iri, iri itu salah satu bentuk sikap disaat kita merasa kita mampu melakukan sesuatu, namun ada orang lain yang lebih baik, lalu kita pun iri, dan sikap kita pun jadi negatif kalau kalau misalnya kita maen intrik jadi sinis dan sebagainya.

    Jadi, kagum atau iri itu tergantung dari seberapa mampu orang melakukan suatu hal.
    Misalnya:
    MJ MoonWalker, bisa nggak kaya gitu ? ih, mana bisa…
    kagum ? so pasti lah…
    Iri ? kenapa harus iri ?

  13. kalau kagum itu kita gak menginginkan menjadi sepert si dia tersebut kalau iri kita pengen seperti si dia

    kalo kagum sekaligus iri ya kemaruk
    πŸ˜†

  14. Hmmm…ambigu memang tentang deferensial 2 hal yang satu ini, tapi yang menjadi garis bsaranya menurut saya, adalah “penerimaan diri kita yang apa adanya”..tidak ada parameter umum yang bisa mengukur hal ini. Karena ukuran kagum, bangga, kebahagiaan, ukuran pencapaian seseorang tak pernah bisa dipukul rata.

  15. kalau kagum hanya sekedar menghargai, tapi kalau iri bisa jadi negatif atau bisa juga ada keinginan untuk menyamai org tsb, bener ga ya?

  16. Iri itu sebetulnya bisa Positif lho ChiC …

    (iri menuju yang lebih baik tentu …)

    Salam saya

    And yes indeed … saya juga gak bisa bedain mana yang …
    Mengagumi … Iri … atau bahkan mengejek secara implisit …

    hahhaha

    (naif …)

    “iiiihhh dandanan rambut kamu OK banggeeettt …” (padahal sebenernya dia ingin mencibir dan mengatakan bahwa … kayaknya elu salah potong deh weiceh …)

    Salam saya ChiC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s