Jakarta itu (ternyata) Kota Pantai

Kemarin siang, lagi iseng nonton tivi, saya nonton acara di MetroTV yang saya ngga tau nama acaranya apa. Yang jelas acara itu nampilin aktivitas seru di sebuah wisata alam di daerah Sumatera Barat dimana sang pembawa acara nya itu asik berpetualang sampai rafting di situ. Asik! Huwaaaaaah saya langsung kangen dengan kegiatan-kegiatan seru itu, udah lama banget rasanya ngga melakukannya… (rafting terakhir sangat bersejarah malah… heuwheuwheuwheuw ). And mostly sih, seperti yang saya bilang sebelum-sebelumnya, saya ini lagi kangen banget sama pantai. Kangen pemandangan dan aktivitas-aktivitas kayak gini nih:

Eeeeh pas sorenya, masih di stasiun tivi yang sama, saya nonton satu iklan property. Dang! Iklan itu tiba-tiba bikin saya sadar, kalo Jakarta iniiiiii TERNYATA Kota Pantai!!!!! You named it! Ancol? Kepulauan Seribu? Itu semua pantai-pantai terdekat yang ada di Jakarta ini! Tapi kenapa saya ngga pernah sadar? Selama ini, kalo kangen pantai, yang terdekat sih ya saya pergi ke Anyer dan Carita.

Ada yang seperti saya, (ngga pernah) sadar kalo Jakarta ini (ternyata) kota pantai? Tau kenapa? Iklan property itu bikin saya tau kenapa saya ngga pernah nyadar. Karenaaaaaaa, masuknya BAYAR!!! Mahal pula!

Wondering aja sih, kenapa ya pantai yang notabene diciptakan Tuhan untuk dinikmati umat manusia ini harus dikuasain oleh satu swasta. Mending juga pantai-pantai itu jadi indah. Tau doooong kondisi pantai-pantainya Ancol kayak apa. Pernah tau juga, ada berapa pantai di Ancol? Kalo ngintip di situs ini sih, banyak! Ga tau kaaaan… Ada Pantai Marina, Pantai Carnaval, dan Taman Pantai, yang terdiri dari Pantai Timur, Pantai Ria, Pantai Elok, Pantai Molek, Pantai Danau, Pantai Indah dan Pantai Festival. Ada yang pernah berkunjung ke pantai-pantai itu? Paling sering sih Taman Pantai ya kayaknya… Orang begitu masuk Ancol langsung ketemu. Yang saya ngga pernah tau adalah kalo pantai-pantai itu memiliki banyak nama… Gyahahahahaha . Ngga pernah nongkrong lama di situ juga. Tau laaaah kondisinya menyebalkan. Boro-boro liat pantai indah. Kotor, dan banyak pedagang asongan. Sekali-kali nongkrong lama di situ, beberapa bulan yang lalu, untuk keperluan photo pre-wedding… gyahahahahahaha . Kalo Marina, sesekali doang lewat sana. Cuma lewat. Asli! Abis males… kalo lewat sana cuma ngeliat yacht-yacht milik manusia-manusia tajir Jakarta parkir di sana. Bikin sirik!!! Pantai Carnaval? Saya sih taunya ini pantai tempat penyelenggaraan konser-konser musik. Bentuk pantainya kayak apa saya juga ngga tau. Sekali-kalinya kesana, waktu nonton konser Linkin Park sama waktu DJ Tiësto datang berkunjung kemari… hihihihi… Jadi boro-boro ngeliat pantainya kayak apa…

Lalu, Kepulauan Seribu. Oke laaah, kepulauan ini bagus. Beberapa spot diving dan snorklingnya juga keren. Ada yang pernah berkeliling kepulauan ini? Bisa ngga, kita keliling kepulauan ini dengan kapal pesiar kecil, bisa snorkling di banyak tempat sampe puas dengan fasilitas alat gratis, plus dapet makan siang gratis di satu pulau indah, hanya dengan membayar kurang lebih 500rb? Kalo bisa, inform saya yaaaa… Soalnya sih setau saya ngga. Harga segitu, cuma bisa buat nyebrang sampe ke pulau tujuan. Itu pun cuma satu pulau. Mau diving atau snorkling? Bayar lagi… Mahal yaaaa… Beda banget waktu saya ikut keliling Phi phi Island di Phuket, Thailand, yang salah satu pantainya dipake syuting film The Beach sama Mas Leo. Dengan cuma 2.300 bath, saya dapet semua yang saya sebutkan tadi. Waktu itu kurs 1 bath = Rp.250. Hitung sendiri berapa harga yang saya bayar untuk semua itu.

Pantai-pantai di Anyer dan Carita? Emang siiih, ngga dikuasain sama swasta. Tapi masuknya tetep bayar. Dipalakin preman! Kecuali nginep di salah satu hotel mahal di sana…. hihihihi

Ada ngga ya, masuk pantai ngga bayar…. Hmmmm, di Bali? Emang siiih masuk pantai-pantai di Bali ngga bayar. Tapi apa pernah menikmati pantai dengan tenang, damai dan sejahtera tanpa diganggu pedagang asongan yang nawarin ini itu mulai dari kepang rambut sampe tattoo? Lagian saya lagi ngomongin pantai di Jakarta tauuuuu… bukan di Bali.

Bisa nikmatin pemandangan-pemandangan pantai kayak gini di Jakarta dengan gratis? *eh, emang ada? *


141 thoughts on “Jakarta itu (ternyata) Kota Pantai

  1. ahhh pemandangan puncak gunung lbh nonjok … cb aja deh … sekalian nglatih si vio hahaha …

    **ditabokin kang joey**

  2. narsis ? gak penting chic…btw, keren banget ngambil gambarnya…juru potonya prof bgt tuh..

    Emang kok jkt kota pantai kok chic, tapi pantai polusi..🙂

  3. foto pre-wednya baguuuss…😀

    eh iya, di daerah mana tuh, pulau seribu kalau gak salah, ada pulau bagus lho, namanya pulau umang. masih bersih dan belum terkontaminasi sampah..😀

  4. yang saya tau sih Jakarta itu panas, biasanya yg panas begitu deket ama pantai, tp rasanya pantai di Jakarta jauh banget ya? oho itu kan karena macet.
    Jadi lupakan saja pantai Jakarta😆

  5. hehehe…ngomongin pantai emang kereenn bgt..klo mau murah sekitaran jkt yg paling murah ya di p.seribu dan yg terdekat adlh p.bidadari, terahir kesana sih masih lumayan lah yaa..ngga terlalu mhl, tapi sayangnya pantainya ga terlalu bagus, karena tumpukan sampah masih terlihat di pinggir2 pantai..uuhhh menyebalkan klo udh begini.yang asik ssiiihh di bali laahh..hehe..btw udh tau tpt di ancol yg namanya Segarra? u better try to visit there..

  6. Kalau Kepri tempat saya berdomisili sekarang bukan sekadar propinsi pantai lagi, melainkan propinsi kelautan. Sebab 95% wilayahnya adalah laut. Jadi daratan itu cuman 5%. Jadilah kalau mau kemana-mana mesti pakai angkutan penyebarangan.

  7. hmm.. cukup narsis lahh, hehe…

    pantai di jakarta, ternyata banyak juga yaa Chi. kalo saya sih paling ke Ancol..🙂

    kalo disini mo snorkling sambil liat taman laut Bunaken ya di pantai Manado aja..🙂

  8. @trendy
    hahahaha iyaaah.. jakarta emang ibu kota
    *nenek-nenek juga tau kaleeee*

    @Epat
    emaaaaang…😦

    @kuclukz
    apanya yang berubah?

    @Ronggo Tunjung Anggoro
    maksudnya?

    @ngodod
    yaaah saya lagi ngomongin Jakarta Om, bukan Jogja..😆

    @yusdi
    hwaaaaaaaaaaa.. *timpuk yusdi pake ember*👿

    @dana
    mencela seeeh, ketangkep aki ismet kan tuuuuh😆
    sudah saya bebaskan..😛

    loh, pantai itu kan diciptakan Tuhan untuk umat manusia. sudah seharusnya bisa dinikmati gratis!:mrgreen:

    @masmeomet
    aah di pantai lebih banyak kegiatan yang bisa dilakukan kok Mas Pep.. hihihi

    @HILMAN
    hahahaha.. iyah betul..

    @cK
    jadi kapan dirimu mo photo prewed?? :p
    *gosibh*

    @Gelandangan
    aaah tiap kali ke makassar cuma numpang transit 15 menit doang di Bandara, trus langsung menuju Gorontalo.. hahahaha😆 eh, tapi saya suka banget otak-otak yang di jual di bandara tuh, ntah di cafe apa namanya…

    @nenyok
    beli pantai? sekalian beli pulau ajah kali yaaaa…
    *ngayal*

    @AngelNdutz
    gaya lo Nduts.. emang di LA ada pantai…😆

    @kabarhari
    saya emang lupa kalo Jakarta punya pantai… udah kesananya macet, masuknya bayar pula.. mahal lagi!😈

    @Koko
    jauh banget emangnya?

    @toim
    dooooo… pantai pijat yang dimana nih Bang?😆

    @amyrahma
    Seggara? di sebelah mana ya? kok di situsnya ga ada?

    @ubadbmarko
    ah itu sih di mall-mall Jakarta juga banyak Mas..kan busana pantai naek kelas, jadi busana mall..😆

    @itikkecil
    itu dia Mbak… padahal udah dikelola swasta… padahal lagi masuknya bayar dan mahal…
    menyebalkan ngga sih?

    @Rafki RS
    Kepri itu masuk Riau Kepulauan kah?

    @sigit
    sumpah seumur-umur tinggal di Jakarta, belum pernah menjelajah sampe tanjung priok😆

    @yu2n
    Bunaken dah bosen Bu…

    cita-cita saya bisa diving di Lembe… katanya indah banget! tapi kudu punya sertifikat euy baru bisa nyelem di sana. ujiannya susah.. huhuhuhu

  9. klo mo menikmati pantai yang wahhh… coba dech di heaven beach (yg ngelola orang eropa) adanya di perbatasan antara lombok timur dan selong… cuma bisa ditempuh pake helikopter ato mobil offroad.. satu malam 10 jeti.. tpi kalo yg tugas (org eropa) yg go home (biasanya bulan oktober-desember) kita sogok pengelola lokal 300rb jga bisa…. keren dah…. kayak di film2 animasi.. luar biasa… ibaratnya bali tuh dpt nilai 6 klo yg ini 9.5…. wekekekekek

  10. kalo pantai yang gratis dan asik dilihat tanpa gangguan ya pantai yang terlihat dari timur rumah saya dari atas bukit kelir mbaak dijamin dapat segelas kopi atau sotf drink yang laen karena sesama bloger hehehehe
    salam kenal

  11. mantan wanita petualang ya mbak! kaya riyani djangkaru dan sebangsanya!

    Nasibnya sama! pensiun karena dah punya tanggungan momongan! tapi aku suka dengan semangat petualangnya!

  12. Pantai sekarang bukan untuk umum lagi, tapi udah di privatisasi, jangankan pantai wc aja sekarang udah di privatisasi,

    mending ngurusnya bagus, ini udah di privatisasi tapi ngurusnya masih engga becus mheheheh

  13. hehe.. ke Bunakennya sekalian mas Joey pulang kampung ya Chi..🙂

    yyyuuu kalo mo diving ke Lembeh ajak2 ya hehe, bisa berpetualang start dari Boutique Resort di Lembeh Strait. pantainya indaaahh..

    btw, iya loh jadi inget Riyani Djangkaru dengan petualangannya..🙂

  14. jafis kurang tau tentang pantai jakarta..
    karena selama ini kalo ke jakarta cuma urusan kerja aza….and seminar huhahahahah

    kalo mau lihat pantai yang indah…
    ke lombok aza…atau timor leste heheheheheheh

  15. Jakarta ternyata kota pantai. Ada kesan keterkejutan dalam judul posting ini. Memang Jakarta kota pantai, namun pantai di Jakarta hanya menjadi halaman belakang bagi Jakarta. Layaknya halaman belakang, pantai-pantai dan juga bantaran kali di Jakarta hanya menjadi tempat sampah dan kurang terawat. Sayang sekali…

    Ayo sekali-kali main ke halaman belakang Jakarta…

  16. Hmm.. yah ga heran sih mbak, karena katanya nanti di Jakarta ud ga ada pantai lagi mbak ? karena kan 10 tahun lagi katanya Jakarta itu semuanya bakalan jadi Lautan .. tenggelam …
    (***lareeeeee.. nanti ditimpukin sama orang2 jakarta .. PEACE MAN (gaya Rastafarian) ** )

  17. Ya, prediksinya sih kepulauan Jawa bakal tenggelam. Soalnya pulau Jawa udah kelebihan beban..

    Awas looo… hati2… *kaboooorrrrrrrr dilempar batu ama orang2 pulau jawa*

  18. hehe kyknya semuanya dirinduin yah. Ya pantai, ya bioskop😛 Titipin aja si kecil sebentar chi, n’tar balik lagi setelah beberapa jam🙂

    btw, gue jg suka view pantai. Makanya slalu berusaha nyari rumah di dataran tinggi yg bisa “nyolong2x” view pantai mskipun bukan punyanya hehehe

    narsisnya belon kuadrat koq chi. Msh pangkat satu hehe

  19. Hahahaahahaha…

    terakhir2nya cukup narsis kok, hihihihi…

    btw, pantai jakarta sepertinya jarang yg bersih yach, sebel…😦

    itu tempat shuting the beach???… ohhh nooo… yg boong?

    ngiriiii.. hahahahhaha..🙂

  20. @aRul
    masih indah?
    waktu pantai jakarta masih indah saya belum lahir Mas, masih jaman VOC menguasai Batavia kayaknya😆

    sebagian besar sudah direklamasi, yang tersisa cuma buat tempat buang sampah!

    @arifrahmanlubis
    maksudnya juga mo pamer photo doang:mrgreen:

    @zam
    beeeeuuuh.. sang sultan jeng-jeng ngga ngajak-ngajak neeeh

    @katroboy
    ga narsis ya? masak siiih?😀
    salam kenal juga..

    @realylife
    laaah kopdar kan refreshing juga Pak..
    sukses ya kopdarnya…

    @achoey sang khilaf
    beeeuuuh jakarta mo tenggelam kan gara-gara Bogor!😆

    @masenchipz
    duuh.. saya lagi ngomongin Jakarta Mas.. kalo pantai-pantai di kota laen mah ga usah diomongin daaaah, bikin tambah kepengen ke pantai saya…😆

    @norjik
    halaaaah.. liburan atuh ke Jakarta😛

    @marvel
    siyaaap! tunggu kabar selanjutnya😎

    @zoelchaniago
    kampungnya yang mana Mas?

    @cryingdevil
    bedaaaa😈 kalo photo-photo itu mah ajang narsis ajah…😛

    @Harjo
    yup! betul sekaliiii…

    @Welly
    bisa digedein kok.. diklik ajah😆

    @ChaL
    yaaaah.. saya ini lagi ngomongin Jakarta Mas…

    @cinker
    pastinyaaaa…😎

    @kambingkelir
    bukit kelir itu di mana ya Pak?
    *ketauan dulu pelajaran geografi seringan nyonteknya*😛

    @masciput
    d’oh jauuuuh! Riyani Djangkaru mah petualangannya udah kemana-mana… gratis pula!
    *ngiri*

    @heper70
    emang asik, makanya saya selalu kangen..😎

    @Denny Eko Prasetyo
    emang banget!
    makanya males kesana… sampe lupa kalo Jakarta punya pantai

    @igoy
    gyahahahahaha ketauan😛

    @boyhidayat
    emang.. menyebalkan kan?

    @yu2n
    kebetulan Lembe Resort itu punya salah satu bos saya.. hehehehe.. dikabarin deh kalo ada kesempatan kesana..

    @jafis
    yah Bang, maen atuh sekali-kali ke Pantainya.. hihihi

    @antokoe
    hahahaha.. anda jeli sekali Pak..

    @Bhayu Senoaji
    sayangnya Anyer bukan di Jakarta Pak..🙂

    @Alex
    iyaaah.. saya pernah berkeliling beberapa pantai di Padang.. seinget saya bagus, mudah-mudahan sampe sekarang ya… *kesana tahun 94 soalnya.. hihihi*

    @emfajar
    hehehe tau aja Pak maksud terselubungnya😛

    @abdee
    gyahahahaha.. emang kalo kota pantai ga boleh metropolitan?😎

    @coretanpinggir
    lupa lebih tepatnya Pak, makanya saya kaget… hehehe.. abis udah kesananya macet, masuknya bayar n mahal, eh sampe sana boro-boro nemu pantai indah…😦

    @Iis Sugianti
    ah tahun lalu juga saya berkeliling pantai di Lampung. Rata-rata bagus, sayang kurang terawat. Jadi kumuh. Beberapa malah akses masuknya susah, masih tanah yang kalo ujan beceknya bikin mobil mogok. Udah gitu sampe pantai dipalakin preman buat biaya masuk pantai… huhuhu

    @JalanSutera.com™
    gyahahahahaha.. Mas Puji bisa aja..

    @tukangobatbersahaja
    Ke Puncak juga macet Bu..😆

    @Wempi
    ah dirimu memang pemalas😛

    @Ecko
    aaah masak sih?
    *telfon BMG*

    @Eka
    iyah betul banget

    @thegands
    oh gitu ya? hmmmmm…

    @wier
    dah ganti Mas…😆

    @okta sihotang
    hooh.. puas-puasin tuh di Jakarta😛

    @Windra
    bukan pantai Pak kalo musim hujan, tapi danau buatan😎

    @Yoyo
    udah diganti Mas.. hihihihi😎

    @matahary
    tos dulu kalo gitu😆

    @esayphoto
    yah kalo nasib direnungi mah ga selesai-selesai Mbak,.. mending dijalanin…😛

    @Raffael
    kalo gitu saya mengungsi ke Malingsia juga lah seperti dirimu😎

    @diorockout
    beeeuuuh maen plesetan.. basbang!😆

    @anton ashardi
    wekekekekeke… udah punya cucu malah Mas..😆

    @Ronggo Tunjung Anggoro
    heh?😮 maksudnya? judul lagu itu?😮

    @kw
    naek kapalnya mahal.. hihihi

    @antown
    pengen kemana Mas?

    @juansuandi
    ah emang dari dulu puanas

    @bayusaja
    direncanakan doooong😀

    @M Shodiq Mustika
    hohohoho.. terima kasiih😀

    @ratutebu
    kekekeke.. diklik doooong biar gede😛

    @Tigis
    ah itu lah susahnya, ga tega! Kemaren aja ninggalin kondangan saya nya keder.. huhuhu.. padahal 2 jam doang..

    @mierz
    wah kenapa ga jadi?

    @kishandono
    ngga ah.. takut dirampok!😛

    @Rush
    kalo inget Surabaya terakhir kali saya kesana sih beda Mas… hehehehe

    @Silly
    iyah Mbak.. namanya Maya Beach…
    sayang Mas Leo ga bikin sekuelnya *siyap-siyap mo daptar kesting!*:mrgreen:

    @Sir Arthur Moerz
    iyah.. huhuhu

  21. sebenernya gak usah jauh2 ke pantai luar kota atau luar pulau…jakarta aja udah kota pantai..tapi hampir di semua pesisir jakarta tertutup sampah…so…mau gak mau deh..keluar dari jakarta untuk nikmatin pantai..:((

  22. Alow sobat pa kbr ni sehat2 kan? Lam knal ya ni aq AR Eros mahluk unik dan langka dari lereng gunung Welirang tepate Prigen Pasuruan Jawa Timur. bayi blogger yang lahir 8 juli 2008 kemarin (8-7-8 ) angka yg lumayan unik ya. oia aq boleh kn jd tmen km kn ?

    Add aq yach pliss. oia sempetin jg mampir ke web q ya? berbagi hal-hal umum, seru, kocak, gokil dsb. juga baca pgalaman q di datangi malaikat bukan untuk mengaku jadi imam mahdi apalagi jadi nabi akhir zaman tapi dia dy perantara utusan Allah SWT untuk melakukan perubahan dasyat klik sni ya : http://www.areros.co.cc

  23. Jadi inget dulu pas maen ke Bangka Belitung, saya sama temen2 nyari pantai yg nggak pake bayar, akhirnya kita menuju pantai Tanjung Kelayang & disitu pas sepi benget berasa jadi penguasa pantai. :))

  24. di Surabaya namanya pantai Kenjeran, tapi susah untuk dinikmati dan terkenal akan kemesumannya huahahahaha
    namanya juga pantai huahahahaha

  25. kalau saya sih kalo pengen ke pantai…ingetnya BALI! dan pengen peri ke Bali, haha, sok banget dah gw. dua kali ke Bali malah bosen ama pantai…wakakak..

  26. aih..aih lam nal ya. tnx uda nyempetin mmpir ke blog saia yang acak2an. maklum namay bayi blogger bisa nangis coar-coer sm mancal2in postingan az ga aturan. lom bs pke po2k sndri. ikut2an ngeblog lagi kemaruk hehe.

  27. wakaka.. pantai di jakarta ituh payah sekali yaah… ke ancol gitu kesannya jorokk.. huaaa.. terus dah gitu gak enak dipandang mata… huhu… btw.. sayah juga baru sadar setelah baca postingan ini kalo jakarta tuh kota pantai.. huhu.. tapi karena manusianya jadi rusak deh image pantainya..:(

  28. pantai pantai ohhh pantai… di Bali mah pantai bagusnya pada bayar, chic… dari pantai terkenal, sampe pantai yang nyungsep2 di jalanan ga jelas juga dipalakin masuknya… huhuhu… eh kemaren ke blue lagoon, gratis ternyatah… cuma cukup sewa snorkle (kalo bawa dari rumah brarti gartis semua2nya…..)

  29. terkadang mengunjungi pantai banyak tercipta ketenangan bathin dan kedamaian hati diselingi deburan ombak dan angin silih berganti menerpa tubuh

  30. bentar lagi jadi pantai buw… eh apa lautnya…

    da mao kelelep hihihihihi

    diriku lebih suka gunung daripada pantai!😀

    kangen jalan jalan yah buuuuuwwww hehehe

  31. menurut bolang sih, jakarta tuh kota sungai item, liat aja sungainya udah item warnanya, entah kapan pemerintah akan memperhatikan sungai di jakarta, itu kan sarang penyakit…

  32. Pantai Jakarta sekarang?? sbenernya ga banget.. soalnya ga dirawat sama Pemda dan masyarakat sekitar…ga tau juga deh klo yg di kepulauan seribu, 24 tahun di Jakarta, ga pernah ksana…hiks…hiks…

    nb: Foto2nya lumayan narsis….

  33. waahhh,,, ternyata PERTAMAX emang mahal, sampe2 ga kebagian pertamax nih…😛

    eh, mba,,, kmaren temen2ku sekantor pada liburan ke pulau seribu. selama 2 hari 1 malem. klo ga salah tuh mereka cuma keluar 300 rebu tok….

  34. negri ini kan memang negara maritim sudah sepantasnya lah kota2 di negri ini juga banyak yang punya pantai, tapi memang kondisinya sangat mengkhawatirkan, kalau belum dikuasai swasta, ya dipungli preman, kalau tidak juga ya bebarti masih sepi….

    saya dengar2 juga pulau2 di gugusan kepulaun seribu itu banyak yang dimiliki pihak2 pribadi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s