Pulau Kemaro

Iya, ini postingan rada basbang sebenernya. Tapi saya pengen pamer. Pamer basbang. *lah*:mrgreen:

20120914-143742.jpg

Ini oleh-oleh dari mudik ke Palembang waktu lebaran kemaren. Jalan-jalan ke Pulau Kemaro. Agak malu sebenernya. Tujuh belas tahun dulu tinggal di Palembang, saya belum pernah satu kali pun menginjak tempat ini. Jauh sih, mesti naik kapal nyusurin Sungai Musi. Dan dulu, jaman saya masih tinggal di Palembang, wisata sungai sama sekali belum digalakan sama Pemda. Jadi ke sana ya Pe-eR aja gitu. *teteup nyari alesan*πŸ˜†

Anyway, setelah beberapa kali ngga jadi, kemarin itu saya akhirnya bertandang ke Pulau Kemaro ditemani Linda dan Mbak Ira dan sepupunya Linda. Diawali dengan naik kapal dari daerah Benteng Kuto Besak (BKB), kami bertiga pun segera menyusuri Sungai Musi menuju Pulau Kemaro. Sayangnya, harga sewa kapal di sini belum ada tarif resminya. Jadi harus pinter-pinter nawar, karena harga awal yang diajukan para pemilik kapal ini biasanya gila-gilaan. Harga pasaran sewa kapal ini adalah sekitar 100rb sampai 150rb untuk bolak balik.

Perjalanan dari BKB menuju ke Pulau Kemaro memakan waktu sekitar setengah jam, tergantung kecepatan kapal sih. Kemaren dapet kapal yang jalannya rada santai, jadi perjalanan agak sedikit lebih lama. Tapi ada bagusnya juga, saya jadi lebih leluasa buat motret-motret kanan kiri. Padahal ya objeknya standar sih.:mrgreen: But hey, it’s my first time! Boleh lah saya agak norak dikit photo-photo.πŸ˜›

20120914-143949.jpg

Dinamakan Pulau Kemaro katanya karena pulau ini ngga pernah banjir atau tenggelam meskipun Sungai Musi sedang pasang. Objek yang cukup menarik perhatian adalah Pagoda setinggi 9 lantai. Katanya sih ini bangunan baru. Aslinya Pulau Kemaro ini terdapat Klenteng Soei Goeat Kiong (atau yang lebih dikenal dengan Klenteng Kuan Im). Jadi inget Sun Go Kong yah?πŸ˜† No wonder sih trus di pinggir pulau ini dibuat beberapa patung tokoh-tokoh kisah cerita Sun Go Kong ini, mulai dari Pendeta Tong sampe Patkay.:mrgreen: Oh Patung Dewi Kuan Im-nya juga ada sih.

20120914-143830.jpg20120914-143845.jpg

20120914-143956.jpg
Klenteng Soei Goeat Kiong

Daaaaan… saya juga baru tau kalo Pulau Kemaro ini ada legenda-nya. Duh! Untung udah ngga punya KTP Palembang, bisa dipecat jadi warga saya ini.πŸ˜›

20120914-143937.jpg

Berhubung legenda pulau ini adalah kisah cinta, di pulau ini juga terdapat sebuah pohon yang dipercaya masyarakat bisa mempererat hubungan dengan pasangan kalo kita menulis nama kita dan pasangan di pohon ini.πŸ˜† Namanya juga legenda, bisa salah bisa bener. Yang pasti, saking banyaknya tangan usil nyoret-nyoret ini pohon, sekarang pohonnya dipagerin!πŸ˜† Lagian, pengen hubungan erat kok minta ke pohon. Usaha broooo… usahaaaa!πŸ˜›

20120914-143759.jpg
Pohon Cinta

Selain Klenteng, Pagoda dan Pohon Cinta itu, ngga banyak objek yang bisa dinikmati di pulau ini. Kecil banget sih pulaunya. Kalo masih belum pengen pulang, kalian bisa duduk-duduk menikmati perahu lalu lalang di Sungai Musi. Tapi ya sebentar juga bosan sih. Panas bok!:mrgreen:

20120914-143922.jpg

35 thoughts on “Pulau Kemaro

  1. Nah yg gini2 harusnya laku dijual sebagaj obyek pariwisata ya? Kalo diurus dengan baik dan benar oleh lembaga yg baik dan benar juga, alangkah indahnya.. *sotoy*

  2. BELUM BASI kok makchic. Sumpah. Belum.

    Wah, pagodanya besaran yang di Medan kayaknya, ya.

    Gpp lah baru sekali menginjakkan kaki di pulau itu. yang lain jangan-jangan belum pernah. *membesarkan hati Makchik*

    lebaran kemarin kemana, ya? Ga kemana-mana, tuh.

  3. Pulau Kemaro ini bukannya suka dipake untuk festival cap go meh gitu bukan ya? rame setiap setahun sekali di pagodanya. Pengen lihat ke sana pas cap go mehnya…

  4. 100rb sampai 150rb bukannya termasuk murah ya untuk PP?
    huahaha nyampe atap ga mak chi ke pagoda itu? Bisa jawab pertanyaan di tiap lantai ga?
    *dibahas tentang sun go kong
    Yahhh kok dipagerin… padahal baru mau minta tolong tulisin xD *udah pulang ke Jakarta kali van…πŸ˜›

  5. Ealaaaahhh…ada Pohon Cinta ya? Pas ke sana ga ada yang memandu sih.. Jadi ga tahu di mana dan ada yang begituan😐

    By the way…akhirnya Vio ke Pulau Kamaro! *berima*

  6. kereeeenn.. aku malah baru denger nama pulau ituu.. xixixixi
    maklum waktu SMP-SMA gak pernah belajar.. *alesan*:mrgreen:

    makchick ndak ajak-ajak akuu ooowk jalan-jalannyaaa.. ngambeg ahh..πŸ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s