Jampi-jampi Varaiya

Saya menemukan buku ini waktu lagi jalan-jalan iseng ke toko buku minggu lalu. Sebagai pengemar tulisan Clara NG, saya tidak tahan untuk tidak membawa pulang buku ini dan langsung membacanya.

Bercerita tentang keluarga penyihir Raya yang terdiri dari satu bapak bernama Samudra yang masih mellow aja ditinggal istrinya meninggal padahal kejadiannya sudah 10 tahun yang lalu dan tiga anak perempuan penyihir level tinggi bernama Zea, Oryza dan Solanum, dengan gaya dan sifatnya masing-masing, ditambah Xander, penyihir cowok yang keren anaknya sahabat nyokapnya ketiga bersaudara Raya yang sejak kecil dijodohkan dengan Oryza.

Tokoh-tokoh ini masih ditambah Pax, cowok yang naksir berat sama Oryza dan menyihir dirinya sendiri menjadi kucing peliharaan Oryza biar bisa bobo bareng terus. Ada juga Strawberry dan Aqua, digambarkan sebagai cewek-cewek centil yang naksir Xander, dan selalu berusaha mencelakai cewek-cewek keluarga Raya.

Awal buku ini hanya bercerita mengenai kehidupan masing-masing tokoh. Agak sedikit membosankan. Ingatan saya melayang pada buku-buku mengenai penyihir lainnya. Sampai akhirnya cerita mulai berkonflik di mana rendang yang dimasak Oryza melarikan diri dari panci. Cangkir jadi hidup dan menggigit Xander. Roti asyik bernyanyi dalam bahasa Rusia dan bersalto di dalam lemari dapur. Zea dan Sola mulai bertingkah abnormal.

Dan Oryza, Xander, Pax dan Samudra harus memulai petualangan menuju pulau Varaiya yang bahkan di peta pun ngga nampak, untuk mencari racun penawar sihir yang menyebabkan kekacauan tersebut.

Seperti juga tulisan-tulisan Clara NG lainnya, cerita di buku ini mengalir lincah dan ringan, diselingi celetukan-celetukan khas yang konyol dan ancur banget para tokohnya. Walaupun beberapa bagian terasa lebay, saya sukses ngakak-ngakak dari awal sampe akhir cerita. Well, setelah beberapa buku Clara agak terasa berat seperti Tea For Two yang bercerita mengenai KDRT atau Gerhana Kembar yang bercerita soal Lesbian, buku ini ringan banget dengan cerita konflik yang tidak terlalu terjaga sehingga kok rasanya ngga Clara banget. Kenapa ya? Novel-novelnya Mbak Clara, sekalipun bercerita ringan model Indiana Chronicles atau Tiga Venus, biasanya alur cerita dan konflik-konflik di dalamnya selalu terjaga dengan rapi.

Eh iya kalo ngga salah, buku ini juga bakal dibuat berseri loooh.. Mudah-mudahan dibuku selanjutnya, ceritanya lebih berwarna lagi, konfliknya lebih tertata lagi dan ngga lebay.

Penasaran? Silahkan datangi toko buku terdekat atau toko buku online langganan. Lumayan menghibur kok buat menemani liburan panjang tahun baruan ini.

——–

ket. gambar: dicomot dari blog-nya Mbak Clara

48 thoughts on “Jampi-jampi Varaiya

  1. baru tau kalo Clara NG itu udah “mbak-mbak” gaya bahasanya muda bgt..
    *duh komen apaan inih..*

    wah baca review nya bikin penasaran, soalnya slama ini novel nya berat2. ga pernah selese bacanya.. :p

  2. Zea mays : Jagung
    Oryza sativa : Padi
    Solanum tuberosum : kentang
    …kayaknya buku menarik nih, tokohnya sayuran smua,
    padahal barusan saya mau nulis dengan tokoh bernama pohon2an

    ah ya, kalo udah beres bacanya,
    pinjem ya ! *menyalip CK*

  3. ah lupa ngasih emot๐Ÿ˜€

    eh padi bukan sayuran ya ?
    baiklah.
    dan wah ada buah strawberry pula
    nah cocoknya kumpulan tumbuh2an saja

    kalo pax ama xander itu, nama apaan ya ?
    *riwil*:mrgreen:

  4. huaaa udah ada toh bukunya mbak Clara Ng… saya penggemar mbak Clara Ng juga hihi.. punya koleksi bukunya lengkap. Pas kapan hari si pengarang berkunjung ke Makassar, langsung disodori 7 buah buku di hadapannya, untuk ditandatangani hahaha >:)

    huwaa… beli ah! *ngesot ke Gramedia terdekat*

    eniwei.. selamat tahun baruuuu!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s