Jujurlah Padakuuuuuuu…

Sepertinya lebih mudah menciptakan dusta daripada mengatakan kebenaran. Kita semua pernah melakukannya, tapi sekaligus kita masih meminta kejujuran yang tidak selalu bisa kita berikan.

Tetapi kenapa ya begitu sulit untuk mengatakan apa yang ada dalam benak? Apakah kebohongan itu dilakukan untuk kesopanan, mencoba untuk tidak menyakiti? Atau mencoba menghindari hal yang memalukan?

Ketidakjujuran akan lebih menyakitkan bila datang dari seseorang yang kita percaya. Kita tidak pernah berpikir tentang adanya kekeliruan, sampai kebenaran yang sesungguhnya memporakporandakan sebuah hubungan.

Lalu saya baru saja berbohong lagi – pada seseorang yang nyata-nyata tidak saya percaya.

151 thoughts on “Jujurlah Padakuuuuuuu…

  1. “Ketidakjujuran akan lebih menyakitkan bila datang dari seseorang yang kita percaya.”

    mungkin kita terlalu banyak berharap….

  2. kedjoedjoeran aken berarti apabila kita orang melakoekan itoe setjara konsisten zonder poera-poera atawa berhias kepalsoean.
    Kalaoe saja tidak keliroe roepa, itoe kata-kata jang mana daripada lagoe siapa poela itoe?
    Salam sadja boeat Poean? sjapa ente poenja nama?🙂

  3. kalo berhitung kesalahan saya terbesar adalah berbohong … dan alasan utama karena saya tidak ingin menyakiti siapapun jua, sayangnya tidak semua orang menerima alasan saya.

    *intinya tetep salah*

  4. makanya saya suka sama anak kecil,mereka begitu jujur dan polos,tanpa intrik.

    kalo boleh jujur saya juga suka jujur kacang ijo ,hehehe *plesetan gak lucu alias ‘basbang’ (minjem istilah chichi)

    -didot-

  5. ahh…kadang kita terlalu memikirkan perasaan orang lain saat itu juga, sehingga memutuskan melakukan sedikit kebohongan jika diperlukan, dan kadang juga tidak memikirkan perasaan orang setelah kebohongan itu terlontar.. *ngoceh ndak jelas*

  6. nggak selamanya bohong itu dosa. malah, terkadang berbohong itu berubah menjadi sunnah, sesuatu yang dianjurkan; atau bahkan wajib -pastinya untuk konteks tertentu aja🙂

  7. wahh kalo aku sih paling suka jujur … apalagi jujur kacang ijo … kalo jujur ayam ga bgtu suka … eh lama bgt g mkn jujur kacang ijo … jd inget rumah😦

  8. emang suka jadi dilema tuh teh Chichi. Kalo misalkan dgn jujur malah situasi jd smakin ga bagus. Apalagi kalo org tsb spt yg teh Chichi bilang, adl org yg deket dgn kita. Truth hurts. Beda lagi kalo misalkan ngebo’ong tanpa alasan. Ini mah kalo bisa jangan hehe

  9. @dimas dhea
    emang

    @didut
    ah kamu kok didut sekali:mrgreen:

    @trendy
    gitu ya?😀

    @Epat
    justru karena saya resah, makanya saya tulis disini

    @emfajar
    jadi kali ga puasa boleh boong ya Mas?😛

    @Nazieb
    sepertinya saya harus berguru kepada mu

    @reekoheek
    salahnya kok baca

    @G U N
    opo bedane Gun?

    *pancal @kucing filsuf pake kursi pentung*

    @ipanks
    lebih banyak pahitnya atau lebih banyak indahnya?

    @gus
    menunda kejujuran ya.. hmmmm sampe kapan?

    @Ayam Cinta
    oooh ya mungkin begitu

    @lc
    hmmm… kalo orangnya ga kita percaya kayak kasus saya?

    @Arsyad Salam
    gyahahahaha… bingung mau bales apa
    *inget pernah dapet tulisa kayak gini waktu makan di Dapur Babah.. kapan-kapan diposting aaaah:mrgreen: *

    @Rindu
    tetep salah ya Sist, meskipun orangnya kita ga percaya?

    @venus
    ini komen dari orang yang pengalaman hidupnya segudang.. hehehehe

    @dondanang
    waktu mau ngejudulin, ingetnya itu doang

    @didot
    masalahnya kalo anak kecil yang ngomong, ngga akan ada yang marah Dot.. coba kalo yang dewasa, bisa berantem…

    ah kamu memang basbang sekali

    @bapakethufail
    hmmmmm😎

    @kepikcantik
    ya ya.. beda kasus tapi😀

    @cK
    manusia emang ga pengen denger yang jelek-jeleknya juga chik…🙄

    @aRuL
    yakin?

    @agunk griiza
    woah.. bagus deh.. bener-bener selalu jujur ya?

    @mymoen
    katanya sih begitu

    @tejo
    wooogh ada gitu yang begitu? *meragukan*

    @dana
    ah kalo dirimu saya ngga heran😛

    @FaNZ
    berarti nunggu ga puasa aja?😎

    @anak mama
    kalo di sekolah kudu masuk jurusan apa yang pelajaran itu?

    @cisthouse
    sampe sekarang masih ngga enak hati, tapi mau gimana dooong?

    @ario saja
    lah saya sudah mengaku, kok ketahuan…?

    @itikecil
    berharap kali ini tidak😎

    @trijokobs
    karaokean yuks Mas…

    @diorockout
    halah

    @ariefdj
    hmmm gitu ya?

    @Gu
    ma kasih🙂

    @andy
    contohnya?

    @meremmelek
    maaf komen anda saya masukan ke spam, blog ini bukan ajang provokasi

    @rekoheek
    sudah saya daftarkan ke aki ismet.. maaf untuk ketidaknyamanannya…🙂

    @pr@zs
    he?

    @achoey sang khilaf
    begitu lah Kang kira-kira… heee😀
    jadi ndak apa-apa kan? *nyari pembelaan*

    @Rizky
    wooogh😮

    @Welly
    benar sekali🙂

    @arRa II
    salam kenal kembali

    @ma2nn-smile
    ya🙂

    @asyafe
    ya.. saya masih dillema

    @geRrilya
    betul sekali sepertinya🙂

    @wongbagoes
    nenek-nenek juga tau

    @hendra
    awuuuh.. ma kasiiih😀

    @easy
    halaaah..

    @ManusiaSuper
    itu gombaaaaal!😈
    eh itu yang nanya mahasiswi mu itu ya?😛

    *pentung ManSup pake kursi pentungan*

    @Muda Bentara
    yah.. kata pertama yang melintas waktu mau bikin judul

    @hanggadamai
    ndak ngerti Ngga… jangan-jangan emang iya..

    @Rully Patria
    ah anda terlalu jujur Pak.. *kalem*

    @arsyadsalam
    apanya?

    @budiernanto
    sepertinya

    @penamedan
    oh begitu ya? hmmmmm…

    @dhianofie
    ada yang selalu inget emang?

    @masmoemet
    dirimu emang moemet tenan ketoke Mas..
    *plesetan basbang*

    @rizoa
    gyahahahahaha

    @arda86
    hihihihi😛

    @Tigis
    kasus nya ini saya ngeboong sama orang yang juga saya ngga percaya, gimana tuh?

    @hedi
    ah diantara kita emang ga ada dusta kok
    *dusta*😎

    @Edi Psw
    kalo yang ini, saya ini ngeboong sama pembohong Pak… hihihi

    @akaldanhati
    terutama ketika itu saya lakukan pada seseorang yang saya tidak percaya😕

    @arifrahmanlubis
    pantes sampe sekarang belum nikah, gitu sih niatnya..
    *kalem*😉

    @toim
    oooh jadi selama ini Bang Toim boong sama sayaaaa???😮

    *opo maneh ki?*

  10. Sungguh dalam arti dari judul postingan ini…:mrgreen:

    Ane sebenernya kepengen ngomongin sesuatu yang sangat fribadi kefada mpok… tetafi ane malu untuk mengatakannya secara jujur… sekalifun mpok udah minta ane bicara jujur apa adanya…:mrgreen:

    *direbus*

  11. waduh mbak.. kayak lagunya radja..hahahaha
    wah.. emang kebohongan itu menyakitkan walopun itu white lies..
    tapi teteup aja..huh

    tapi kan ini bulan puasa mbak..boongnya pas sesudah bulan puasa aja..
    *setan mode : on*

  12. klo saya tidak salah… komen saya adalah komentar yang ke 72.

    jujur? tidak jujur?? keduanya bagai 2 sisi mata uang yang bersebrangan.. berbeda, tapi masih dalam satu kesatuan. begitu juga dengan manusia, karena dah jadi fitrah manusia untuk berbuat salah, meski selalu bisa dijadikan pembenaran.

  13. Berbohong pada orang yang tidak di percaya, berarti tidak mau terus terang ke orang tersebut kalau kita tidak percaya ? kejujuran itu memang berat, tapi bukan berarti ngga bisa.

  14. tapi mbak..saking jujure,kemarin aku malah bikin cewek nangis lo…padahal dia tuh bukan siapa2ku,pacar bukan,selingkuhan juga bukan…sumpah deh,baru sekali ini aku bikin cewek nangis(jujur lho!)
    sekarang mikirnya malah gini deh:cewek tuh ga perlu kejujuran dari kita2,tapi cewek hanya perlu dimengerti…g
    gimana?

  15. gimana mau jujur klo ternyata bohong itu lebih nikmat daripada kejujuran…

    karna jika jujur malah akan menimbulkan rasa sakit hati yg amat sangat…

  16. Kejujuran kadang malah menyakitkan. Tapi ada jujur yang enak banget dan saya sering beli di warung sebelah, jujur kacang ijo!:mrgreen: Eh, saya barusan ngomong jujur lho! Sebelah t4 saya ada warung bubur kacang ijonya *halah ndak penting*

  17. kalau kamu pernah boong kepada seseorang, cepatlah jujur kepadanya …….. karena kalau tidak, kamu harus menambah keboongan itu berulang-ulang ….
    hayooo … pilih mana ???

  18. intinya, smuwa hrs diawali dr diri sndiri. jgn bo’ong kalo gk mau dibo’ongi.
    yah, kalo kita ud jujur,tp tetep dibo’ongi, dasarny lg apes. hwehehe.
    kalo pgn jujur tp dilema, yah
    mari qt belajar untuk jujur pd diri sendiri dulu.
    merdeka!
    xixixix
    ‘lam nal

  19. Jika ada orang yang tak pernah jujur mengaku bahwa saat itu ia tidak jujur, maka itulah kejujuran pertama olehnya.

    (Bingung ga memahaminya?
    Jujur aja!)

    Sebuah tulisan yang inspiratif!

    Tabik!

  20. terkadang berbohong boleh untuk kebaikan.. bahkan seorang dokter diwajibkan berbohong kepada pasiennya biar pasiennya gak syok..asal ya gak dijadikan hobi berbohong aja..hihihi..

  21. Terkadang jujur itu menyakitkan…

    Misal: Eh.. eh.. duh…. *neh orang bego.. udah tau ada orang yang injek kakinya.. malahan diem aja, lantaran yang injekinnya tuh badannya lebih gede*

    Terkadang jujur itu menghibur…

    Misal: Eh.. lu ganteng deh Huang.. *ah.. ini emaNG bener-bener menghibur hatikyu…*

    Terkadang jujur itu menjengkelkan…

    Misal: Eh sorry ya.. kemarin gw gak sengaja nyobekin buku baru lu.. *jah.. ntuh kan buku baru!! special edition lage…*

    dan selanjutnya tinggal anda yang menambahkan…

  22. Saya ingat ceramah dari guru ngaji, bahwa Rasulullah suatu saat sedang duduk dengan para sahabat lalu tiba-tiba lewat seseorang dengan tergopoh-gopoh. Setelah itu Rasul pindah posisi menghadap duduknya. Tak lama lewat seseorang dan bertanya pada Rasul, apa melihat seseorang yang lari lewat disini. Apa jawab Rasul…sejak saya duduk dengan posisi ini saya tidak melihatnya…

  23. Kalo boong demi kebaikan sih ada toleran nya kali yah? Hihihi, little white lie…

    Bkn nya kalo jujur dan menyakiti hati org malah bkin kita tmbah g enak?

  24. ada boong putih ada boong item…

    percaya ini ga sih?

    boong ya boong aja kali ya..
    tetap item…

    tinggal bagaimana mengkomunikasikan dengan benar, yah dibungkus dengan baik tanpa harus berbohong..
    🙂

  25. ada kebohongan yg diperbolehkan asal untuk kebaikan… tpi jelas banget bohong bukan untuk kebaikan itu dilarang..

    btw mungkin moto “jujur adalah mata uang yang berlaku dimana saja dan apapun zamannya” perlu lebih disosialisasikan ya? tpi siapa yg harus sosialisasi?

  26. Tetapi kenapa ya begitu sulit untuk mengatakan apa yang ada dalam benak?

    Mungkin ini hanya berlaku dalam urusan menyatakan CINTA

    Apakah kebohongan itu dilakukan untuk kesopanan, mencoba untuk tidak menyakiti? Atau mencoba menghindari hal yang memalukan?

    Katanya wanita itu sebenarnya tahu bahwasanya mereka dibohongi. Tapi justru wanita itu suka dibohongi
    *minggat secepat kilat*

  27. @caberawit
    eeeh ada cabraw.. kemane aje ente?😆

    @nana
    ada hal-hal yang tidak bisa dihindari dan terpaksa dilakukan karena ga punya pilihan lain

    @cena
    sudah siap dengan segala resiko nya?

    @Wempi
    oh gitu ya?😕

    @h4rold80
    dijadikan pembenaran ya… hmmmm…

    @AHA
    ya ya sesuatu yang abu-abu itu menyebalkan

    @sapimoto
    hihihi iya juga😛

    @pututik
    bagaimana kalau kondisinya mengharuskan kita berbohong?

    @cak kamal
    membohongi pembohong dapet pahala? waaaah… huhuuuuy😛

    @Raffael
    apakah itu tidak lebih menyakitkan?

    @paidjo
    ini konteksnya tidak hanya dalam hubungan cowok dan cewek yang berkomitmen kok

    @Setiaji
    ya ya.. kadang-kadang kondisinya mengharuskan seperti itu

    @kenji
    *mikir dulu* hmmmm… iya apa ya?😕

    @ezZa
    berarti ezZa suka boong ya? hah!👿

    @goiq
    ya ya.. betul juga

    @-=<>==–
    iyaaah dirimu emang ndak penting *plesetan basbang™* :twiste

    @novi
    mau tau aja😎

    @RuleZ
    iyah, susah banget

    @warmorning
    hohoho.. wajib ya Om… horeeeee😛

    @jakatan
    jarang berinteraksi kok, karena saya ngga percaya sama dia🙂

    @rahmadisrijanto🙂

    @nh18
    hihihi.. ah Opa suka gitu deh😎

    @steelheart
    met puasa juga ya Bim..🙂

    @Panda™
    yakin?😎

    @Menik
    ga paham juga Bun😛

    @qizinklaziva
    begitu? hmmmm…

    @mastal
    sama..😆

    @Yoyo
    banget Mas🙂

    @falla
    ada deh😎

    @pinky
    betuuuuuuul

    @ika
    selamaaaat😛

    @andif
    katanya sih tetep aja boong🙂

    @Izul Cyber Cafe
    iyah😎

    @duniafannie
    merdeka juga!

    @Ersis Warmansyah Abbas🙂

    @masciput
    ya ya…🙂

    @hendra
    monggooo…

    @mantan kyai
    halaaaah😈

    @kangtutur
    kangtutur sotoy ah😎

    @Odie
    yakin ga pernah boong?

    @ar_eros
    nanti ya, lagi sibyuk *sok penting*😎

    @kita
    yay! apalagi kalo memang ngga ada pilihan lain kan..

    @fenny
    sama feeeen… *toss fenny*

    @pengendara
    yakin?

    @Deddy Huang
    nyahahahahaha😆 kamu kok bener banget😛

    @mikekono
    begitu ya?

    @suprie
    salahnya lo percaya!😈

    @achoey sang khilaf
    iya kang..😳

    @stenlymandagi
    sampeyan sudah jujur belum hari ini?

    @septy
    itu sih ga mungkin😆

    @wennyaulia
    yeaaaah😆

    @ratutebu
    iyaaah.. sudah ngantor kembali…
    dirimu sudah ngantor lagi juga sis?

    @dcamz
    ntah lah🙂

    @kusdiyono
    boong tapi ga boong kan ya itu.. nice story.. thanks

    @arhiest182
    kalo terpaksa dilakukan karena situasi?

    @subpokjepang
    heh? nge-qoute dari mana itu? perasaan ga nulis kayak gitu…😕

    @mimi
    ya ya.. betul🙂

    @Indah Sitepu
    kenapa ya penamaannya harus black and white😛

    @hidayat
    baik😎

    @Manik
    sapa yang ga pernah boong hari gini?

    @masenchipz
    bisa dimulai mungkin?🙂

    @budimeong
    halah..😆

    @Mr> Fortynine
    hooo begitu ya?😯
    *summon Chiw kemari biar baca komen ini.. hihihihi*😛

  28. rame juga blog ini, mungkin karena empunya manis jadi laris manis dech, dateng ngumpet pulang di kejar, kabur …. boonglah padakuuuuuuuuu

  29. apapun niatnya kebohongan tetaplah berdampak buruk… jika dia bisa menyelamatkanmu dari keburukan.. itu hanya bersifat sementara…

    sekali berbohong akan mendorong kebohongan yang lain..

  30. “Berbohong karena tidak ingin menyakiti”

    sebenarnya itu berarti mengiris perlahan punggungnya, membiarkan ia kehabisan darah tanpa ia sadari.

    “Jujur itu menyakitkan”

    sebenarnya berarti itu menusuk dadanya dengan pedang, ia mungkin mati, ia mungkin selamat, tapi ia akan tahu kalau kita tidak pengecut.

  31. uluw..
    lam kenal…
    yaaah semuanya tergantung niat sih mba..
    kalo emang niatnya bener2 baek, g ada embel2nya…itu nurut sayah fine2 ajah….

  32. mmmm… kalo ngebo’ongnya ama org yg ga chichi percaya kyknya gpp deh hueheheh. Abis gimana lagi org uda ga ada kepercayaan. Tp sebaiknya sih ga usa ngebo’ong. Menghindar aja kalo bisa sih:mrgreen:

  33. berbohong apa tidak jujur ? berbohong itu tindakan yg menciptakan kejadian baru dan di sengaja (seperti berkhayal atau bermimpi), tidak jujur adalah sebuah hak org untuk tidak ingin menceritakan tetapi dalam “tekanan” atau “keterpaksaan” dalam berbicara.

  34. kdang kebohongan diperlukan juga saat-saat tertentu…
    kadang pula kejujuran bisa membuat suasana makin panas…
    Semua kembali kepada diri kita masing-masing…

    lam kenal ya…:)>-

  35. Kebohongan itu ….akh, sulit diungkapkan nih. Soalnya, saya suka ‘terpaksa’ berbohong demi kebaikan. Tapi, apa iya….demi kebaikan harus berbohong? kalau ketahuan akan lebih menyakitkan ya? Entahlah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s