21 Maret besok…

silent-day.jpg

Udah pada tau kan ada himbauan dan ajakan mematikan peralatan listrik selama empat jam pada 21 Maret 2008, sebagai bagian dari kontribusi individu mengurangi emisi gas rumah kaca? Katanya sih ini adalah langkah awal kampanye mencanangkan 21 Maret sebagai HARI HENING DUNIA (World Silent Day).

Kampanye tersebut dipelopori masyarakat dan LSM Bali yang tergabung dalam Kolaborasi Bali untuk Perubahan Iklim pada konferensi PBB mengenai perubahan iklim di Bali Desember 2007 lalu.

Kenapa dipilih tanggal 21 Maret? Katanya sih karena 21 Maret adalah juga Hari Air dan hari pertama musim semi di utara – simbolisasi dari kehidupan. Gituuuuuu….

Di salah satu milist yang saya ikuti, ada sebagian orang protes kenapa sih harus dipilih hari Jumat. Hari dimana umat Islam melaksanakan kewajiban shalat Jumat. Ini artinya pada hari itu umat Islam dilarang menggunakan sound system, lampu-lampu dan peralatan lainnya yang diperlukan dalam penyelenggaraan shalat Jumat.

Ada lagi yang memperkeruh suasana dengan memberikan statement apakah ini satu kesengajaan memilih hari Jumat agar umat Islam kesulitan dalam pelaksanaan shalat Jumatnya, dan kemudian nanti dituduh umat Islam tidak mau mendukung program ini? Atau hanya suatu keteledoran yang tidak memperhitungkan keperluan umat lain di hari Jumat itu?

Haduuuuuh.. kok malah jadi ribet??? Saya bingung… hihihi… Itu kan hanya himbauan. Ngga mau ya ngga apa-apa. Kebetulan aja tanggal 21 Maret tahun ini jatuhnya hari Jumat. Tahun depan jatuhnya hari Sabtu kooook.. Lagian juga udah dijelasin kenapa dipilihnya tanggal 21 Maret, terlepas itu jatuh di hari apapun. Gimana kalo penekanannya diganti di 4 jam-nya, bukan di jam berapa sampe jam berapa nya?

Saya sendiri insya allah akan berpartispasi, kemaren kan hadir juga di UNFCC… hihihi… *dziiiigg * Jadi kalo ada susah menghubungi saya di hari Jumat besok dari jam 10 pagi sampe jam 2 siang yaaaa harap maklum… *halah lo sapa seeeeeeeeeeh*

17 thoughts on “21 Maret besok…

  1. oooo… jadi besok hari diem-dieman se dunia. gak boleh bicara-bicara yg brisik, bicara yg gak mutu, bicara yg g perlu. karena bisa merusak lapisan ojon

  2. waaa..
    berarti aku tadi udah ikut nyelamatin bumi dong..
    heheheh..
    abisnya tadi baru bangun bobo jam 1.. hehehhe.. jadi gak ada nyalain apa2..

  3. Lapor saya sudah ikut kampanye World Silent Day dengan mematikan radio di kantor saya. kalo komputer gak berani soalnya disuruh kerja, ntar malah dipecat lagi. hiks. btw, salam kenal yah en tukeran link yuk. linknya dah aku add disini yah. thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s