Dodolz

Ada Ngga sih Kode Etik bikin iklan?

Kalo liat TVC sekarang, rasanya perang-perang iklan buat produk-produk tertentu udah mulai keterlaluan deh. Beberapa sih suka bikin ngakak, kayak iklan motor yang “kata mama warnanya cocok buat aku” itu. Trus ada juga iklan minuman tolak angin itu. Belum perang-perang iklan tarif murah.

Pernah dapet kiriman gambar ini?

image001.jpg
Saya dapet tadi pagi, dan rasanya sih bukan olahan photoshop *hehehe* (serasa jadi om you know who…). Ga tau juga ada dimana itu billboard.
Hasil ngobrol dengan seorang teman lewat YM tadi pagi, di kota tempat dia tinggal yaitu Medan, sekitar bulan November tahun lalu pernah ada billboard begitu. Awalnya Simpati masang billboard iklan tarif 0,5/detik. Seminggu kemudian si XL masang iklan disebelahnya itu dengan taraif 0,1/detik. Eh ngga berapa lama Simpati ganti lagi billboard iklannya dengan gambar kayak di photo ituh. Tapi dia ngga yakin sih kalo photo itu iklan yang ada di Medan. Mo cek lokasi dulu katanya… hihihihi
weeew… rasanya billboard itu terlalu vulgar meski Simpati ngga menyebut kata XL disitu.

Yaaaah asal ngga jadi kayak gini deh.

13 thoughts on “Ada Ngga sih Kode Etik bikin iklan?”

  1. kayaknya gak ada deh kode etiknya. jika pun ada, pasti bakal banyak diabaikan . (dari sepertiga buku pemberian bekas pacar, buku mana yg paling berkesan?) ya, benar, tiap kali melupakan sebenarnya kt sedang mengenang.

    yang paling berkesan??? hmmmmmm

    Like

    1. bneeer bgd,,hare gne,,,yg bs berthan dgn pyiaran/iklan postifnya cm yg pya idealis truzzz yg gx lapar aliaz lapar duit….ia mmpu mmperthnkn idealisnya tanpa peduli reting

      Like

  2. Apapun urusan di muka bumi ini ya pastilah ada yang namnya etika ataupun kode etik. Apalagi di dunia bisnis. Etika bisnis sudah pasti. Lantas, soal iklan yang seperti yang digambar itu, meurutku berada pada batas kewajaran. Karena, dalam materi iklan itu sendiri tidak satupun yang menjele-jelekkan nama atau pun produk dari lawan bisnisnya.
    Apa yang dpasang iklan simpati itulah yang disebut startegi untuk menarik perhatian dari yang membacanya saja.

    cuma kadang-kadang ngeliatnya jadi ngga lucu lagi Mas, malah sinis.. hehehe

    Like

  3. GA ADA KODE ETIKNYA KALE…
    BIARIN AJA DIA PERANG TARIF
    YANG UNTUNG KAN KITA2 JUGA , YA GA?
    SOALNYA TARIOF TELP DI INDONESIA MAHAL

    Like

  4. ketawa saya liat billboardnya
    berarti emang disengaja ya !!, pas bener “tetangga sebelah”
    😆
    tapi kalo emang makin murah tarifnya dan gak sekem ke masyarakat sih oke2 aza

    Like

  5. gue baru lihat nih….ternyata billboard itu ada di dunia maya juga. hihihih. sekedar info….itu billboard ada d dkt lapangan merdeka kota medan. atau di dekat stasiun kereta api medan.

    Like

Leave a comment