Happy Birthday, Dear Me..


Di tahun saya lahir, dunia ini merupakan tempat yang berbeda. Belum ada Google. Atau Yahoo. Atau bahkan Wikipedia.

Di tahun saya lahir, katanya film yang paling laku keras ditonton adalah Grease. I was imagining about people buying the popcorn in the cinema lobby had glazing eyes when looking at the poster. Tapi ya itu jaman belum ada DVD Player ya.. Semua orang masih nonton film di bioskop dan ngga ada yang download online. Imagine the packed seats, the laughter, the excitement, the novelty. And mostly all of that without 3D computer effects.

Di tahun saya lahir, buku masih populer dibaca dalam bentuk kertas, bukan di sebuah gadget digital. Banyak pohon-pohon yang harus ditebang demi terbitnya sebuah buku. Katanya buku yang paling laku di tahun itu adalah The Bridge to Terabithia by Katherine Paterson. Sudah tua sekali ya cerita itu ternyata. Sudah pernah baca bukunya? Atau sekedar sudah pernah kalo cerita itu ada bukunya? Saya tau-nya itu film kartun keluaran Disney.

Di tahun saya lahir, katanya banyak peristiwa penting. Peti mati Charles Chaplin yang dicuri ditemukan10 mil dari pekuburan, dekat Danau Jenewa. Sebuah bom meledak di bagian keamanan dari Northwestern University, melukai seorang penjaga keamanan dalam serangan Unabomber pertama. Charon, satelit Pluto, ditemukan. Seasat, U.S. scientific satelit, diluncurkan. Paus Yohanes Paulus I meninggal setelah hanya 33 hari dari sejak menjabat sebagai Paus. Ada dua juta demonstran menentang Shah di Iran. Kepulauan Solomon merdeka dari Inggris. Opera Otello karya Giuseppe Verdi membuat penampilan perdananya dalam acara Live dari The Met, secara lengkap dan dibintangi oleh Jon Vickers. Ini merupakan opera pertama yang disiarkan oleh televisi secara utuh di US s sejak tahun 1948. Video game yang happening banget adalah Space Invaders, dan saya ngga yakin sudah ada di Indonesia sih tahun itu.

That was the world I was born in.

Di tahun saya lahir.. Hadiah Nobel untuk Sastra tahun itu jatuh kepada Isaac Bashevis Singer. Hadiah Nobel Perdamaian diberikan kepada Mohamed Anwar al-Sadat dan Menachem Begin. Hadiah Nobel untuk fisika diberikan kepada Pyotr Leonidovich Kapitsa, Arno Allan Penzias dan Robert Woodrow Wilson dari Uni Soviet dan Amerika Serikat untuk penemuan dasar dan penemuan di bidang low-temperature physics. Begitu banyak ciptaan-ciptaan ditemukan. Tapi itu tidak menghentikan planet untuk berputar, terus dan terus, dari tahun ke tahun. Tahun di mana saya akan tumbuh lebih besar, lebih tua, lebih pintar, dan jika saya beruntung, bisa jadi lebih bijaksana. Tahun di mana saya juga kehilangan beberapa hal. Kepemilikan yang terganti. Kenangan yang memudar. Teman yang berpisah. Teman-teman terbaik yang coba saya pertahankan. This is what counts in life, no?

Ada anak kecil di luar jendela, yang berteriak dalam kesenangan, bermain. Tidak peduli tentang waktu. Tidak tahu tentang waktu. Yang dia tahu hanya berteriak-teriak senang dan bermain. Saya pernah jadi anak tersebut.

The Witches of Eastwick. Labyrinth. The Great Mouse Detective. The Incredible Hulk. Little House on the Prairie. Film-film waktu saya kecil. Acara-acara televisi yang saya tonton.

That was the world I was born in.

Kemajuan yang terjadi, tahun demi tahun, membuat saya bertanya-tanya kemana arah dunia ini. Dunia saya. Tau ngga apa yang diciptakan di tahun kelahiran saya? Kalkulator seukuran kartu kredit. Kalkulator dengan solar-powered. The Spreadsheet.

Di tahun saya lahir, katanya untuk pertama kali Garfield muncul di koran. Tapi kan itu fiksi. Di dunia nyata sih ada Katie Holmes. Dan Ashton Kucther.  Nelly Furtado. Oh, Gianluigi Buffon. Dan saya, tentu saja. Setiap orang adalah individu. Setiap orang istimewa. Setiap orang mengambil jalan  yang berbeda melalui kehidupan.

Ini tahun 2011.

Dunia adalah tempat yang berbeda sekarang.

Jalan mana yang saya tempuh?

……

……

……

Oh well, Happy birthday, dear Me.. Let’s get better!

About these ads

18 thoughts on “Happy Birthday, Dear Me..

    • Syukurlah… :oops:

      Ijinkan saya mendoakan, semoga sehat selalu, lancar rejeki, lancar dan dimudahkan segala urusan, dan semoga diberi umur barokah ama Allah SWT. Aamiin! ^^

  1. Chiiiii… Happy Birthday!
    jadi, ultah yang ke berapah yah? :)
    aihh tulisan ulang tahun yang dalemmm.. ;)
    semoga bahagia selalu, sehat, dan sukses dalam setiap langkahnya.. amiin amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s