Tentang Luka, Bekas Luka dan Kisah Masa Lalu

Oke, saya memang suka nonton film kartun. Dari dulu. Karena film kartun semacam obat untuk otak saya yang lelah sepanjang hari dipakai bekerja. Oh ngga.. Ini bukan semacam penasbihan kalo saya punya otak dan otak saya itu saya pakai. Bukan macam orang tua yang itu. :mrgreen: Ini penegasan dari kata-kata “laughter is the best medicine” dari orang-orang yang “katanya” bijak. Dan saya meng-amini. Makanya saya suka nonton film kartun.

Salah satu yang saya suka dari film kartun, adalah, dialog-nya. Biarpun cuma film kartun, kadang-kadang dialog-nya bikin jleb jleb gitu. Menohok. Dalem-dalem.

Contohnya si Kung Fu Panda 2 yang saya tonton kemarin bareng Vio. Dia sibuk ngetawain Po, Tigress, Mantis dan teman-temannya itu, saya malah merenung. Sambil menyumpah “rese”, meskipun tetap tertawa-tawa sih. Menertawakan diri sendiri tepatnya.

Dan ini dialog-dialog yang menohok itu.

Dialog pertama, antara Po dengan Soothsayer, si peramal yang meramalkan bahwa Panda akan mengalahkan Shen, si Merak jahat, waktu Po merasa resah akan ingatan-ingatan tentang kedua orang tua-nya yang muncul cuma sepotong-sepotong dan dia ngga ngerti itu apa. Yang nonton Kung Fu Panda 1, pasti ingat bahwa yang jadi bapaknya si Po ini adalah seekor angsa. Yes, Panda dengan Bapak Angsa adalah tidak mungkin bukan? :mrgreen: Nah, diujung percakapan si Po yang lagi resah bertanya-tanya siapa dia sesungguhnya, Soothsayer mengeluarkan kata-kata yang tiba-tiba bikin saya terdiam :

Your story may not have such a happy beginning, but that doesn’t make you who you are. It is the rest of your story, who you choose to be… So, who are you, Panda?

Dialog kedua, sudah hampir diakhir cerita. Antara Po dengan Shen.

Shen : How did you find peace? I took away your parents, everything, I scarred you for life…
Po : See that’s the thing, Shen, scars heal.
Shen : No they don’t… wounds heal.
Po : Oh, yeah… what do scars do? They fade, I guess
Shen : I don’t care what scars do…!
Po : You should, Shen. You got to let go of the stuff from past – because it just doesn’t matter! The only thing that matters is what you choose to be now.

Nah, itu dia dialog-dialog yang cukup menohok saya kemarin. Saya yang selama ini merasa bahwa luka memang bisa sembuh, tapi bekasnya tidak – kadang-kadang masih menyisakan perih -, tiba-tiba kayak merasa ditampar si Po. Bekasnya memang ga sembuh, tapi hilang. Kalo mau. Meski awalnya ga bahagia, toh sisa ceritanya tetap saya yang menentukan mau jadi apa.. *sigh*

Apa? Situ ngga tertohok? Ow, bagus dong. Berarti kamu sudah lepas dari bayang-bayang masa lalu. Selamat. Kamu telah memilih menjadi siapa kamu sekarang. Selamat menjalani sisa cerita hidupmu..

So, who are you? ;)

About these ads

24 thoughts on “Tentang Luka, Bekas Luka dan Kisah Masa Lalu

  1. dialog-nya bikin jleb jleb gitu


    Istilahmu ChiC …
    bikin gua ngakak aja …

    Tapi apa yang kamu bilan itu … Bener banget
    jika kita perhatikan kata-katanya … Film kartun itu banyak sekali pencerahannya lho … walaupun dikemas secara kartun dan seolah main-main

    salam saya ChiC
    jleb-jleb

  2. Masih belom nonton pilem inih…

    Huh… mesti cari waktu..

    Btw walo bekas lukanya memudar seiring waktu, kadang2 di masa yang akan datang tetap terasa perih kalo teringat lagi..

  3. Luka itu tergantung perawatannya kan? Kalau dibiarin aja, ya bisa jadi borok; kalo cuma dirawat seadanya, ya bisa meninggalkan bekas permanen; tapi kalau mau sungguh2 diperjuangkan supaya sembuh total, ya bisa tanpa bekas. Ini berlaku baik bagi luka fisik maupun luka hati.. ;)

  4. Film Sponge Bob yg konyol itu juga sering muncul dialog2 yg menohok hati, lho. Hehe….

    Wah, saya belum nonton Kung Fu Panda 2. Nggak mengira kalau di film itu ada pesan-pesan bijak, khususnya tentang masa lalu. Tapi kemarin saya abis nonton di film lain di bioskop. MUngkin minggu berikutnya baru bisa, mengingat isi kantong yg sudah menipis, hehehe….

    Salam :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s