New Kid On The Blog

Wt8jkbnv5f
Some days ago, I’ve received e-mail from someone I never know before. She just happens to look at my profile and then blog walking on this Chiclicious. She said she was really enjoyed in reading on my writing (I’m so thank you for that girl…), and she braves herself to send me those e-mail. Anyway, in the end of her e-mail, she asked me “how to make a blog like yours…”. Aaaaaah, such a simple question, but for me seems hard to answered. Honestly,.. I don’t know the answer is!!!!

Everyone is into blogging these days. Unlike a personal diary, you want the whole world to know what you do or how you feel. I couldn’t help but got dragged into this latest fad. I suppose there’s so much inside my mind I’ve always wanted to express. Unlike most other blogs which detail events chronologically, I thought I’d create a twist and mix things up, you know, just blog whenever something comes to mind, which can be something that happened years ago. Why keep it to myself, when I can share what I experience with everyone?

Why a blog? Well, I don’t get as much personal internet time as I like and I feel like I’m spamming my friends by sending out mass emails. Those that really love me will bookmark this page and check in periodically to see how I’m doing. This way I can focus my time on addressing personal emails when I get into my general/personal email account. I didn’t want a myspace because I wanted something just for discussion, I don’t need ads…visuals… music.. to spice up my personal page. Whoever is reading this already knows me (or found me through some sort of fateful search… hahaha).

And like I said before (posting on 12 October 2006 : Life is So Simple… 2nd Part), this is for my own enjoyment, and sometimes for my own sanity. It’s an online journal, basically. I sort of just put down the first thought that popped into my head. Like this posting…!

Then, my answer to that question would be… Just write what do you have in mind, girl… and post it online!!!! That’s what I do. To blog or not to blog, that isn’t a question (hahahaha…). It’s your own enjoyment.

Happy Blogging!

… hanya memilih yang agak berbeda, salah ya?

Semalam, pada saat sedang menunggu lift di kantor, seorang rekan kerja yang kebetulan berpapasan dengan gue terbengong-bengong melihat “bawaan” gue; tas laptop berisi macbook putih kesayangan gue terselempang di bahu kanan gue, kuping terpasang earphone yang sedang mendengarkan lagu favorite gue lewat iPod, bahu kiri gue tersandar tas kerja gue, dan kedua tangan gue lagi asik mengutak-atik PDA phone. Melihat itu spontan rekan kerja itu gue berkomentar “typical cewek banget sih lo…”. Gue menoleh dengan pandangan ga ngerti, yang kemudian dilanjutkan sama rekan kerja gue itu dengan komentar “… ribet!”. Heh? Maksudnya?? Pengen ngedebat, apa daya lift gue udah keburu terbuka dan menyuruh gue untuk segera turun ke bawah.

Pernah juga, beberapa minggu yang lalu, pada saat gue lagi nongkrong di resto favorite gue di salah satu tempat nongkrong di selatan Jakarta yang kebetulan menyediakan jaringan wireless gratis, bertemu dengan seorang teman yang terheran-heran melihat kegiatan gue saat itu; asik mengutak-atik macbook gue (kaaaan ada wireless gratis yaaaks… hehe), sambil mendengarkan lagu-lagu dari iPod, sementara di samping macbook gue tercolok PDA phone gue lewat kabel data yang kebetulan lagi gue synchronize. Teman gue itu segera menginterupt kegiatan gue dengan komentar “Lo kayak cowok aja!”. Seketika kegiatan gue berhenti. Pengen ngedebat, tapi speechless. Merasa sayang meninggalkan kegiatan asik gue hanya untuk berdebat kusir yang ngga penting. Jadi lah pada waktu itu reaksi gue hanya tersenyum.

Barusan, chating di YM dengan seorang teman yang tinggal di luar sana, mengeluh lagi punya sedikit masalah dengan GF-nya. Ketika ditanya kenapa, jawaban yang keluar adalah”… biasa ceweksensitif!” Lagi-lagi pengen ngedebat, sayangnya keburu dipanggil petinggi. Jadi lah dia gue tinggalkan dengan pertanyaan, “emang yang sensitif cewek doang, emang cowok ngga boleh sensitif, emang cowok sensitif identik dengan banci?”

Hmmmmm… Jadi inget salah satu tulisan seorang teman di blognya : http://terbanglahlbhtinggi.multiply.com/

Tak ada yang sadar atas keberadaan sebuah absurditas telanjang yang disodorkan oleh kenyataan pemuda “A”; ambiguitas dan inkonsistensi pilihan antara pernyataan pertama bahwa warna hitam adalah jantan, versus ketidakpraktisan pada pernyataan berikutnya sebagai sesuatu hal yang kewanitaan. Aneh? Ah, siapa bilang. Buktinya semua tertawa. Kebenaran mayoritas.

Tapi apa iya; jenis kelamin ditentukan oleh pilihan warna, atau pilihan sikap yang praktis versus yang ribet? Atau tingkat kebawelan? Atau apakah elo seorang yang sensitif dan berempati atau tidak? Atau gimana cara elo menyetir mobil/motor? Atau mungkin cara kita melangkahkan kaki?

Bagaimana dengan operasi penggantian kelamin yang mahal dan kontroversial itu? Bagaimana dengan mereka yang sudah “menyimpang” secara fisik sejak lahir (baca: banci, bences, waria), atau mereka yang menyimpang secara mental psikologis akibat pengaruh lingkungan? (baca: kemayu, tomboy, maskulin, feminim, etc), maupun mereka yang mengalami gejala homosexualitas?

Sebenarnya tanpa kita sadari, banyak hal berupa “mitos”, yang diterima dan dipercaya sebagai suatu kebenaran yang bersifat umum – dan mengikat, tentunya.


Penilaian sosial?? Might be… Kesimpulan yang bisa gue ambil kalo inget kejadian itu adalah kalo ribet itu identik dengan cewek, dan kegiatan mengutak-atik gadget itu adalah cowok banget! Emang cewek ngga boleh tanggap technology? And sapa bilang cuma cewek yang gaptek? Ada kok cowok-cowok yang gue kenal juga gaptek. Kalo misalnya ditanya alasannya, jawabannya pasti “ngga mau ribet.. kayak cewek aja…”. Eh?? Lagi-lagi ribet identik dengan cewek.

Minggu kemaren, pas lagi iseng blog walking ke salah satu blog yang diacu sama seorang teman, gue menemukan tulisan ini : http://ionosfer.multiply.com/journal

Jika scope nya diperkecil, seperti kali lain kawanku berujar “Ooo…pantes….orang Jawa”. Celotehan yang terlontar dari satu kelakuan saja –katakan, kalau minum teh harus manis dan Kenthal–, telah membawa keseluruhan sifat Jawa di-cap ke jidatku:Plek, komplit!. Padahal aku tak pernah tinggal di jawa lebih lama dari satu minggu. Dari puluhan juta suku jawa dengan keanekaragamannya, rasanya hanya sampai 25% sifat sifat Jawa yang menempel didiriku.


Aaaaah… jadi inget kalo makan bareng teman-teman di restoran yang kebetulan menyedikan lalapan dan sambel. Dan ketika melihat gue mengambil lalapan-lalapan dan sambal-sambal dengan porsi yang sedikit lebih banyak dari yang mereka pikirkan, seketika sebuah cap melekat didiri gue… “sunda bangeeeeet…”. Padahal, seperti juga Mas Ionosfer, gue ga pernah tinggal lebih dari dua minggu di daerah kelahiran nyokap bokap gue itu. Dan, seperti juga Mas Ionosfer, rasanya ga sampe 25% sifat ke-sunda-an yang menempel pada gue, meskipun langsung atau pun tidak gue dibesarkan dengan adat istiadat sunda.

*FYI, gue lahir dan gede di kota Palembang yang rasanya jauh sekali atmosfer lingkungannya dengan Sunda.* 

Tapi, well ya itu dia tadi… penilaian sosial yang berbicara. Ketika orang tua gue yang berdarah Sunda, orang-orang sekeliling gue mahfum akan kesukaan gue pada lalapan dan sambel, dan itu adalah sangat wajar. It’s already run in the blood!!!… gue, sunda banget, hanya karena makanan?????????

*Padahal kan gue juga penggila sushi… tapi kenapa ga ada yang bilang kalo gue Jepang banget… =P malah beberapa ada yang bilang, lo kan orang Sunda kok doyan sushi sih?*


Dan karena penilaian sosial lah yang membuat nyokap gue, pada waktu gue masih sekitar kelas dua atau tiga SD, dengan sigap mendaftarkan diri gue ke sebuah sanggar yang mengajarkan tari-tarian dan modelling dan memaksa gue untuk selalu datang kesana setiap minggunya, pada waktu menemukan kenyataan bahwa gue lebih menyukai kemana-mana pergi dengan pedang-pedangan gue ketimbang menyeret-nyeret boneka beruang.

Atau lain waktu, ada seorang teman yang curhat masalah pacar… (biasa deeeeeh…). Ketika sampai pada masalah kejelekan si cowok, tiba-tiba seorang teman lainnya bilang “cowok lo Aries kan,… pantes aja kelakuannya begitu!” Huh? Ada lagi neh penilaian sosial dengan cara begini. Ketika seorang yang agak sedikit suka tebar pesona pasti bintang nya aries, atau pun ketika ada seseorang yang selalu penuh pertimbangan identik dengan bintang Libra. Padahal, ada berjuta-juta orang-orang berbintang Aries atau pun Libra di dunia ini, apakah harus selalu dengan sifat-sifat yang sama? Bukankah karakter itu hasil pembentukan lingkungan dan bagaimana cara dia dididik? Bisa aja dong ada orang yang suka tebar pesona juga tapi bintang nya Aquarius, atau malah Libra… and vice versa, seseorang yang penuh pertimbangan tapi berbintang Scorpio atau malah Aries juga…
*garuk-garuk kepala karena bingung*

Penilaian sosial seperti yang gue jabarkan di atas tadi, hanya terjadi di Indonesia atau juga menjadi penting di negara lain ya??… Dengan segala penilaian yang ada: ribet, sensitif dan maen boneka adalah identik dengan kaum perempuan, versus masalah praktis, pedang-pedangan dan segala hal yang berbau tekhnologi diperuntukan bagi kaum laki-laki; kesukaan dengan makanan-makanan tertentu identik dengan salah satu suku; atau tebar pesona itu adalah orang Aries dan penuh pertimbangan adalah Libra.

Padahal, itu adalah sebuah pilihan.

Dan ketika, sebuah pilihan datang pada  gue, dan pilihan itu agak berbeda dari orang-orang kebanyakan – sama seperti pilihan soal melajang – selalu akan muncul pertanyaan-pertanyaan yang buat gue ngga penting buat gue jawab. Contoh, ketika gue lebih memilih menggunakan macintosh ketimbang menggunakan “jendela”, ketika gue lebih tertarik dengan artikel kapan Leopard akan launching ketimbang artikel kapan Vista akan launching, ketika gue memilih makan sushi ketimbang makan nasi liwet (baca: elo kan orang Sunda, kok doyan sushi sih?), ketika gue ternyata kok ga kayak orang yang berbintang Libra, ketika gue lebih suka mengutak-atik gadget ketimbang masak, atau ketika gue lebih memilih makan di restoran sebelah sana yang rada sepi ketimbang di restoran yang ramai dikunjungi orang hanya karena ada persepsi sosial bahwa restoran yang ramai pasti makanannya enak…

Anyway, itu semua adalah pilihan… Kenapa sih selalu ada pertanyaan atas pilihan-pilihan, ketika pilihan itu berbeda dari orang kebanyakan.
Seperti kata Mas TLT “Sebenarnya tanpa kita sadari, banyak hal berupa “mitos”, yang diterima dan dipercaya sebagai suatu kebenaran yang bersifat umum – dan mengikat, tentunya.”

Dan ketika semua pertanyaan-pertanyaan itu dibalikarahkan menjadi, emang salah ya kalo gue lebih suka menggunakan mac, emang salah ya kalo gue suka sushi, emang salah ya kalo gue suka utak-atik gadget, emang salah ya kalo gue belum menikah??? Bisa tebak jawabannya??? Ini nih….”Yaaaa… ngga salah siiih…” Laaaaah, emang ngga ada yang salah dengan sebuah pilihan atas sesuatu di luar orang-orang kebanyakan. Lain hal ketika lo memutuskan untuk memakai narkoba. Itu sih jelas salah! Di kasus gue, toh kesukaan gue makan sushi ngga menghilangkan darah gue yang keturunan sunda, atau kegilaan gue pada gadget ngga menghapus identitas gue sebagai cewek, atau sifat gue yang rada keras kepala ngga mengubah bintang gue dari Libra menjadi Leo.

Jadi, ketika pilihan gue sedikit berbeda dengan orang kebanyakan,… ngga salah kan?
Justru gue lebih merasa punya “identitas”… unique! hehehehehehehe…
Berani tampil beda???

Some people think that the physical things, define what’s within
I’ve been there before, but that life’s a bore
So full of the superficial
(If I Ain’t Got You – Alicia Keys)

About The Aura

Baru nyampe dari gorontalo dan ngga bisa pulang ke rumah gara-gara ujan gede disini, gue iseng ngisi-ngisi quiz di Blogthings. Kali ini yang gue isi adalah berkaitan dengan warna aura gue.

dan ini lah hasilnya :

Your Aura is Violet

Idealistic and thoughtful, you have the mind and ideas to change the world.
And you have the charisma of a great leader, even if you don’t always use it!

The purpose of your life: saying truths that other people dare not say

Famous purples include: Mahatma Gandhi, Martin Luther King, Jr., Susan B. Anthony

Careers for you to try: Political Activist, Inventor, Life Coach


Aaaaaah… sounds interesting… Kok bisa pas ma warna favorite gue yang juga sering gue pake as nick name gue yaaa… hehehehe

Wanna know yours??? Try this : http://www.blogthings.com/whatcolorisyourauraquiz/

so textbook of me

It sounds cliché…but
sometimes it’s true: "it’s not you, it’s me"….phrase of the month… it’s
my new thing. Yes I’m distant lately, yes I’m slightly withdrawn from
my normal activities…. But… really.. This is another self that a lot of
other people know. The self that is busy with work, busy with
obligations, and tries to make time for people when she can.

Don’t
be offended. I’m just busy. I care. But I’m just busy. Unless you are a
legal review, a multiple choice question, a gift of Conservation Lands,
or someone who will carry me to bed when I’m tired and my brain no
longer works….then chances are… between now and… well maybe a couple weeks ahead we
will talk less and see less of one another. It’s not because don’t like
you, it’s nothing personal.

It’s not you… it’s me.

From: Inside the Room of Your Soul


What Your Soul Really Looks Like


You are quite expressive and thoughtful. You see the world in a way that others are blind to.

You are a grounded person, but you also leave room for imagination and dreams. You feet may be on the ground, but you’re head is in the clouds.

You believe that people see you as larger than life and important. While this is true, they also think you’re a bit full of yourself.

Your near future is a lot like the present, and as far as you’re concerned, that’s a very good thing.

For you, love is all about caring and comfort. You couldn’t fall in love with someone you didn’t trust.

Inside the Room of Your Soul

Are my soul really looks like that?? =)

Thanks to my cousin, Alya…. hehehehe